Coordinating Minister for Human Development and Culture Muhadjir Effendy (Photo:MI/Susanto)
Coordinating Minister for Human Development and Culture Muhadjir Effendy (Photo:MI/Susanto)

Menko PMK Ingin Fokus Menangani Stunting

Nasional berita kemenko pmk
Kautsar Widya Prabowo • 05 November 2019 06:12
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy ingin fokus menangani stunting (kekerdilan) pada anak. Muhadjir bahkan akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menyelesaikan persoalan tersebut.
 
"Sanitasi lingkungan ternyata menjadi faktor yang sangat penting dan determinan dalam masalah stunting ini, maka saya akan ada berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral karena berkaitan dengan ketersedian air bersih," ujar Muhadjir seperti dilansir Antara, Jakarta, Senin, 4 November 2019.
 
Muhadjir mengatakan penanganan stunting nantinya dimpimpin langsung oleh Kementerian Kesehatan dengan melibatkan banyak pihak. Mereka antara lain, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sangat strategis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akan ada koordinasi di level Kemenko PMK yaitu koordinasi di bawah Kemenko PMK," tuturnya.
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebelumnya ingin angka stunting ditekan dalam lima tahun ke depan. Prevalensi stunting masih 27,67 persen, atau hampir sepertiga balita mengalami stunting.
 
"Prevalensi stunting harus mencapai target di bawah 20 persen pada 2024,” tegas Ma'ruf dalam rapat pleno Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 
Menurut dia, penanganan masalah stunting sudah cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan penurunan jumlah stunting dari 37,2 persen pada 2013 menjadi 27,67 persen pada 2019.

 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif