Longsor di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. ANT/Reno Esnir
Longsor di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. ANT/Reno Esnir

Banjir di Jagakarsa Akibat Puing Longsor Ciganjur Menutupi Sungai

Nasional longsor dki jakarta bencana alam bencana longsor
Cindy • 12 Oktober 2020 00:16
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengungkapkan longsor di Jalan Damai, RT 04 RW 02, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, menyebabkan pagar, turap, dan tanggul di wilayah tersebut roboh. Permukiman warga terendam banjir.
 
"Sehingga menutupi sungai kecil yang ada di Jagakarsa. Akibatnya sungai tertutup, aliran air mengalir ke wilayah perumahan," kata Ariza di kawasan Jakarta Selatan, Minggu, 11 Oktober 2020.
 
Ariza memastikan banjir yang menggenangi 300 rumah bukan akibat hujan dengan intensitas tinggi. Banjir akibat luapan sungai di wilayah Jagakarsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemprov DKI segera memperbaiki dan membersihkan puing-puing akibat longsor. Namun, perbaikan memakan waktu.
 
"Permukiman cukup padat, pintu masuk cuma satu lewat sini. Jadi kami sekali pun memiliki alat berat jumlahnya lebih dari 200 tidak bisa dikerahkan," ujar Ariza.
 
(Baca: Tanah Longsor di Ciganjur, 1 Orang Meninggal)
 
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan warga terdampak longsor akan diberikan bantuan. Baik pemeriksaan kesehatan, makanan, hingga tempat pengungsian.
 
"Kemudian rumah-rumah yang hancur akan dibantu untuk recovery-nya dan untuk sungainya sendiri, sambil puing dibersihkan, kita memastikan aliran sungai berjalan dengan baik," kata Anies.
 
Tanah longsor terjadi di Jalan Damai, RT 04 RW 02, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Insiden itu terjadi sekitar pukul 18.50 WIB, Sabtu, 10 Oktober 2020.
 
Ketinggian air di lokasi mencapai 120 sentimeter (cm). Sebanyak 300 rumah terdampak longsor dan 100 orang dievakuasi. Dua korban luka dibawa ke rumah sakit dan satu orang dinyatakan meninggal.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif