Syekh Ali Jaber (ANT)
Syekh Ali Jaber (ANT)

Awal Belajar Bahasa Indonesia, Syekh Ali Jaber Cuma Bisa 4 Kata Ini

Nasional pesantren Obituari Virus Korona covid-19 Ali Jaber
Rendy Renuki H • 15 Januari 2021 05:00
Jakarta: Sejumlah kisah masa lalu Syekh Ali Jaber semasa hidupnya, termasuk saat awal belajar Bahasa Indonesia kembali ramai dibahas. Ia ternyata cuma bisa berbicara empat kata saat belajar bahasa dan mulai menetap di Indonesia.
 
"Tinggal di Indonesia 2008, 2009, 2010 saya masih ingat pertama kali belum bisa Bahasa Indonesia," ujar almarhum Syekh Ali Jaber menukil YouTube Haziq Channel. 
 
"Mulai 2009 diajari teman hapal empat kata dan empat kata itu sering dipakai orang Indonesia. Apa kabar, bagus, mau kemana, aku cinta padamu, itu saja," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Empat kata tersebut yang lantas kerap diucapkan Ali Jaber saat berkomunikasi dengan orang Indonesia. Sampai akhirnya ia memberanikan diri berbicara Bahasa Indonesia pada awal kemunculannya di layar kaca 2010 lalu.
 
Di mana ia menceritakan jika diajak Ustad Yusuf Mansur mengisi salah satu acara rohani. Karena waktu pertama kali Ali Jaber berdakwah yang membantu sebagai penterjemah adalah Yusuf Mansur sendiri.
 
"Saya diajak beliau pertama kali mengisi acara tv di TPI. Dari situ lah sudah mulai didorong sama Ustad harus berani berbicara Bahasa Indonesia. Setelah itu saya ditinggal mengisi acara sendiri," kisahnya.
 
Syekh Ali Jaber meninggal di RS Yarsi, Jakarta Pusat, setelah 19 hari dirawat di rumah sakit. Meski sempat terpapar Covid-19, namun sebelum meninggal ia dinyatakan negatif Covid-19.
 
Almarhum dimakamkan di Pondok Pesantren Darul Quran, Tangerang, Banten. Di mana Ustad Yusuf Mansur adalah pimpinan pesantren tersebut.
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif