Menteri Muhadjir Minta Guru Selaraskan Pendidikan dan Kebudayaan

Nur Azizah 02 Mei 2018 08:49 WIB
hari pendidikan nasional
Menteri Muhadjir Minta Guru Selaraskan Pendidikan dan Kebudayaan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat memimpin upara peringatan Hari Pendidikan Nasional. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memberikan pesan kepada para guru di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Dia ingin para pengajar menjadikan Hardiknas sebagai momen menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia.
 
Muhajir mengatakan, pendidikan dan kebudayaan berhubungan erat. Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, Pasal 1 ayat 2, disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
 
"Sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Di sinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan," kata Muhadjir dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu 2 Mei 2018.

Baca: Mengindonesiakan Pendidikan

Sandi menuturkan, bila kebudayaan berkembang maka pendidikan di Indonesia akan maju. Disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita.
 
"Oleh karena itu, kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang," ungkapnya.
 
Sandiaga tak menampik kondisi pendidikan yang dicita-citakan Indonesia masih jauh dari jangkauan. Karena itu, Kementerian Pendidikan bertekad memperluas jangkauan pendidikan yang berkualitas di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.
 
"Di sisi yang lain kita berusaha menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kaya raya dalam hal budaya. Kita harus terus menggali kekayaan budaya Indonesia, melestarikan, dan mengembangkannya demi terwujudnya Indonesia yang benar-benar adikuasa di bidang kebudayaan," tegasnya.






(FZN)