Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri. Foto: Medcom/Yona
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri. Foto: Medcom/Yona

Operasi Rasaka Cartenz Digelar di 23 Wilayah Papua

Nasional polri polisi kelompok bersenjata di papua KKB Papua Operasi Damai Cartenz
Siti Yona Hukmana • 19 Januari 2022 21:33
Jakarta: Polri menggelar Operasi Rastra Samara Kasih (Rasaka) Cartenz di Papua pada Kamis, 3 Februari-31 Desember 2022. Operasi itu digelar di 23 wilayah zona aman kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang tersebar di Bumi Cenderawasih. 
 
"Operasi Rasaka ada di 23 wilayah Polres. Ada satu Polres yang wilayah hukumnya dua kabupaten," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Januari 2022. 
 
Ramadhan mengatakan 23 wilayah itu berbeda dengan Operasi Damai Cartenz, yang menjadi lokasi kekerasan oleh KKB baik terhadap masyarakat sipil maupun aparat. Operasi Rasaka Cartenz digelar di wilayah yang tak ada kekerasan dari KKB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau yang tadi (Operasi Damai Cartenz) berdasarkan data banyaknya kasus kekerasan, yang 23 berarti tidak. Jadi operasi ini dibedakan ya," ujar jenderal bintang satu itu. 
 
Ramadhan menyebut Operasi Rasaka Cartenz di 23 wilayah Papua mengedepankan persuasif dan preventif. Operasi itu tak melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum (Gakkum), melainkan hanya pembinaan masyarakat (binmas).  
 
Baca: Ini Alasan Operasi Damai Cartenz Digelar di 5 Wilayah Papua
 
"(Tapi), intinya adalah dua-duanya (Damai dan Rasaka Cartenz) dalam rangka memeliharan ketertiban masyarakat di wilayah Papua, bentuknya pembinaan, termasuk pertanian kepada masyarakat," ungkap Ramadhan. 
 
Operasi Rasaka Cartenz melibatkan 495 personel Polda Papua dan Polres setempat. Berbeda dengan Operasi Damai Cartenz yang juga melibatkan anggota TNI. 
 
Sebaran 23 wilayah yang menggelar Operasi Rasaka Cartenz itu, yakni Polres Jayapura Kota, Polres Jayawijaya, Polres Jayapura, Polres Mimika, Polres Nabire/Kabupaten Dogiyai, Polres Merauke, Polres Biak Numfor, Polres Kepulauan Yapen, Polres Keerom, Polres Waropen, dan Polres Paniai.
 
Polres Boven Digoel, Polres Mappi, Polres Sarmi, Polres Supiori, Polres Tolikara, Polres Asmat, Polres Lanny Jaya, Polres Mamberamo Raya, Polres Mamberamo Tengah, Polres Puncak Jaya, Polres Yalimo, dan Polres Deiyai. Masing-masing polres mengerahkan 10 orang anggota, sisanya personel Polda Papua.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif