Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Jokowi Sindir Anies Soal Ketersediaan Transportasi Publik

Nasional Virus Korona virus corona
Theofilus Ifan Sucipto • 16 Maret 2020 16:10
Bogor: Presiden Joko Widodo memerintahkan pemerintah daerah tetap menyediakan transportasi publik di tengah penyebaran virus korona (covid-19). Namun, pemerintah daerah harus tetap memastikan keamanan dan kebersihan moda transportasi.
 
"Yang penting mengurangi tingkat kerumunan, antrean, dan mengurangi tingkat kepadatan orang," tegas Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020.
 
Jokowi memerintahkan semua pihak terkait membersihkan moda transportasi, seperti Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), Bus TransJakarta, hingga kereta api.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi juga mengingatkan pemerintah daerah mengatur ulang sistem transportasi publik. Hal itu untuk mengurangi potensi penularan covid-19.
 
Jokowi Sindir Anies Soal Ketersediaan Transportasi Publik
Antrean di Halte TransJakarta Puri Beta, Senin, 16 Maret 2020/MI/Akhmad Mustain
 
Baca:Antrean Penumpang TransJakarta Koridor 13 Mengular
 
Pernyataan Jokowi bertolak belakang dengan kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies membatasi operasional seluruh angkutan umum yang beroperasi di bawah Pemprov DKI Jakarta, yakni TransJakarta, MRT, dan LRT.
 
Jumlah moda transportasi tersebut dikurangi secara signifikan untuk membatasi pergerakan manusia terkait penyebaran wabah covid-19. Pengurangan itu meliputi jam operasional, jumlah unit, dan jumlah penumpang yang diangkut.
 
Namun, kebijakan ini justru menimbulkan penumpukan penumpang di beberapa titik transportasi publik. Misalnya, di Halte TransJakarta Puri Beta 2, Tangerang, Banten. Antrean penumpang mengular untuk naik TransJakarta di Koridor 13 Ciledug-Blok M, sejak pukul 06.00 WIB, Senin, 16 Maret 2020.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif