Satu Juta Santri Mengikuti Jalan Sehat
Jalan sehat dan kirab santri di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Sidoarjo: Presiden Joko Widodo membuka jalan sehat dan kirab santri di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Kirab ini diikuti sekitar satu juta santri.

Pantauan Medcom.id, Jokowi tiba di alun-alun sekitar pukul 06.15 WIB. Jokowi mengenakan baju muslim berwana putih dilengkapi dengan kopiah hitam dan sarung.

Kedatangan Jokowi disambut Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Jokowi sempat menyalami sejumlah santri yang hadir.


Eks Gubernur DKI Jakarta itu langsung bergabung dengan mantan Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin yang sudah berada di dekat panggung acara. Selain Ma'ruf, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menristek Mohamad Nasir, serta Menaker Hanif Dhakiri, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Ketua Umum PKB sekaligus panglima santri Muhaimin Iskandar hadir mendampingi Presiden.


Presiden Joko Widodo membuka jalan sehat dan kirab santri di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli. 

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim kirab santri dan jalan sehat sahabat santri saya berangkatkan," kata Jokowi sambil mengangkat bendera tanda dimulainya jalan sehat, Minggu, 28 Oktober 2018.

Selepas Jokowi mengangkat bendera, para santri bergerak. Barisan para santri ini dikomandoi Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) yang membawa bendera NU dan bendera Merah Putih.

Kirab dan jalan sehat ini merupakan rangkaian dari Hari Santri Nasional 2018. Jokowi sebelumnya telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan ini dilakukan Jokowi dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id