Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara. Foto: ANT/Fakhri
Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara. Foto: ANT/Fakhri

Kemensos Masih Kaji Perampingan Eselon

Nasional Perampingan Pejabat Eselon
Gervin Nathaniel Purba • 13 Desember 2019 03:00
Surabaya: Presiden RI Joko Widodo memberikan instruksi merampingkan jabatan eselon dalam tubuh kementerian. Sejauh ini baru empat kementerian yang melaksanakan arahan dari kepala negara.
 
Sedangkan salah satu kementerian yang belum melakukan perampingan jabatan eselon ialah Kementerian Sosial (Kemensos). Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengaku masih mengkaji arahan tersebut.
 
“Sedang kami kaji. Nanti tinggal mereka melaporkan ke saya untuk implementasi,” ujar Ari, biasa dia disapa, ditemui di Hotel Vasa, Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 12 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mensos mengaku tidak ingin melakukannya secara terburu-buru. Dalam prosesnya butuh pengkajian yang matang agar sesuai dengan kebutuhan jangka panjang.
 
“Kami harus lihat kualitas SDM-nya seperti apa. Kami harap bisa selesai segera mungkin seperti yang diharapkan Bapak Presiden,” katanya.
 
Sebelumnya, sebanyak empat kementerian telah melaporkan perampingan birokrasi di lingkungan masing-masing. Empat kementerian itu di antaranya Kemenpan RB, Kementerian Keuangan, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).
 
Rencana perampingan jabatan eselon dalam tubuh kementerian muncul dalam pidato pelantikan Presiden Joko Widodo, Minggu, 20 Oktober 2019. Jokowi menjelaskan penyederhanaan birokrasi harus dilakukan besar-besaran.
 
Investasi penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan. Birokrasi panjang, kata Jokowi, harus dipangkas. Hal itu dianggap penting untuk memberikan stimulus positif terhadap perekonomian Indonesia di masa mendatang.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif