Gol A Gong, sosok inspiratif yang masuk nominasi Kick Andy Heroes 2023. (MI/Sumaryanto Bronto)
Gol A Gong, sosok inspiratif yang masuk nominasi Kick Andy Heroes 2023. (MI/Sumaryanto Bronto)

Kick Andy Heroes 2023

Inspiratif, Dedikasi Gol A Gong Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Lewat Literasi

Adri Prima • 16 Maret 2023 08:00
Jakarta: Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong adalah seorang sastrawan berkebangsaan Indonesia.
 
Ia adalah pendiri Rumah Dunia di Serang, Banten. Gol A Gong pernah menjabat sebagai Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia periode 2015-2020.
 
Tulisan-tulisannya telah dimuat di berbagai media massa dan terbit berupa buku. Saat ini, pria kelahiran Banten, 15 Agustus 1963 menjabat sebagai Duta Baca Indonesia periode 2021 - 2026. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baginya, menjadi Duta Baca bukan sekedar penyambung lidah program pemerintah saja, akan tetapi juga sebagai seorang influencer, motivator, serta penggerak hati masyarakat agar menjadikan aktivitas membaca sebagai budaya dalam keseharian sehingga nantinya berdampak positif pada pertumbuhan literasi di Tanah Air.
 
Di tengah kegiatannya sebagai pegiat literasi, Gol A Gong merupakan seorang penyandang disabilitas yang memiliki semangat literasi yang tinggi untuk ditularkan kepada masyarakat Indonesia. Sejak usia 11 tahun, Gol A Gong kehilangan tangannya akibat kecelakaan. Kecelakaan itu menyebabkan tangan kirinya harus diamputasi.
 
Kenyataan kalau dirinya kehilangan tangan kiri tidak membuat Gol A Gong menyerah dengan keadaan. Lagi-lagi, buku menjadi motivasinya untuk terus menjalani hidup. 
 
Nama Gol diberikan oleh ayahnya sebagai ungkapan rasa syukur atas karyanya yang berhasil diterima penerbit. Kamudian nama Gong diberikan ibunda yang bermakna harapan agar tulisannya dapat menggema seperti bunyi alat musik gong. Sedangkan A bermakna 'semua berasal dari Tuhan', sehingga nama Gol A Gong dimaknai sebagai 'kesuksesan itu semua berasal dari Tuhan'.
 
Inspiratif, Dedikasi Gol A Gong Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Lewat Literasi
 
Impiannya sejak remaja untuk memiliki gelanggang remaja terwujud dengan didirikannya komunitas kesenian Rumah Dunia pada tahun 1998. Sejak tahun 2000, Komunitas ini berdiri di atas tanah seluas seribu meter persegi yang terletak di belakang rumahnya di Komplek Hegar Alam, Ciloang, Serang, Banten.
 
Komunitas ini Ia dirikan bersama temannya Toto ST Radik, dan Rys Revolta. Di tahun 2012 seiring berkembangnya komunitas Rumah Dunia, Gol A Gong juga berhasil mendirikan Gelanggang Remaja Rumah Dunia untuk aktivitas belajar literasi, seni dan membaca buku bagi masyarakat khususnya di kota Serang, Banten secara gratis. 
 
Semangat Gol A Gong sebagai pejuang literasi sudah memberikan bukti nyata demi kemajuan bangsa Indonesia. Bagi Gol A Gong aksi nyata lebih penting dari pada sekedar narasi. Gol A Gong yang merupakan sastrawan telah bergelut dengan aktivitas keliterasian selama lebih dari tiga dekade, dan Sampai saat ini Gol A Gong sudah menulis 126 buku.
 
Dedikasi dan totalitas Gol A Gong berperan besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya mengajak generasi muda untuk membudayakan membaca. Karena alasan tersebut, Gol A Gong pun masuk dalam nomiasi tokoh inspiratif Kick Andy Heroes 2023
 
(PRI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif