Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Pius Erlangga
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Pius Erlangga

Menkes Izinkan Perawat Tanpa Surat Tanda Registrasi Bekerja

Nasional Virus Korona dokter dan kesehatan pandemi covid-19
Nur Azizah • 12 Januari 2021 12:17
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengizinkan perawat yang belum memiliki surat tanda registrasi (STR) untuk bekerja. Kebijakan ini untuk mengatasi kekurangan tenaga kesehatan di rumah sakit pada berbagai wilayah.
 
"Selain menambah kapasitas tempat tidur, pemerintah juga melakukan upaya untuk mengatasi kekurangan tenaga kesehatan, terutama dokter dan perawat," kata Budi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, 12 Januari 2021.
 
STR itu menjadi bukti tertulis yang diberikan pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi. Pemilik STR dapat memberikan pelayanan kesehatan. Surat itu berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Budi, ada 10 ribu perawat yang belum memiliki STR. Kebijakan yang sama juga berlaku untuk dokter. Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tengah mengkaji langkah ini untuk mendapatkan tambahan empat ribu dokter.
 
Baca: Vaksinasi Covid-19 Dimulai
 
“Jadi di masa pandemi ini memang kita butuh juga tenaga-tenaga perawat karena kasihan mereka sudah letih yang ada sekarang. Jadi kita akan dorong aturan apa yang kita bisa relaksasi,” tutur dia.
 
Selain itu, Kementerian Kesehatan akan menambah stok obat seperti imunoglobulin, antiinterleukin 6, plasma konvalesen, serta fasilitas seperti high-flow nasal cannula dan ventilator. Ia meminta kepala daerah membantu menyuplai obat-obatan di wilayah masing-masing.
 
“Tapi saya juga minta rumah sakit-rumah sakit di bawah saya, punya anggaran sendiri. Kalau kurang, nanti kami akan bantu negosiasi langsung dengan beberapa obat-obatan yang kami dengar susah, seperti antiinterleukin 6 maupun juga imunoglobulin," kata Budi. 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif