Relawan perekaman KTP-el. (Foto: Ilham Wibowo)
Relawan perekaman KTP-el. (Foto: Ilham Wibowo)

138 Relawan Disebar untuk Perekaman KTP-el

Nasional e-ktp ktp
Ilham wibowo • 20 Januari 2019 12:16
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berupaya menuntaskan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di seluruh Indonesia hingga April 2019. Sebanyak 138 relawan dikerahkan untuk merekam data KTP-el di sejumlah provinsi.
 
"Kita harus menuntaskan upaya perekaman terhadap penduduk di Indonesia, ini terkait pula pelaksanaan pemilu serentak pada tanggal 17 April nanti," ujar Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, di kantor Ditjen Dukcapil, Jakarta, Minggu, 20 Januari 2019.
 
Kehadiran relawan merupakan upaya percepatan perekaman KTP-el. Ada lima provinsi yang menjadi target perekaman, lantaran cakupannya masih dianggap kurang dari 85 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wilayah tersebut yakni Provinsi Sulawesi Barat yang baru terekam mencapai 77,8 persen, Maluku 79,95 persen, Maluku Utara 79,44 persen, Papua Barat itu 64,18 persen dan Papua 37,98 persen.
 
"Target perekaman KTP-el hingga hari ini sudah mencapai 97,21 persen. Sehingga penduduk yang belum terekam ini kurang lebih 5,38 juta dan itu banyak yang belum terekam di lima provinsi ini," ungkapnya.
 
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, relawan perekaman KTP-el berasal dari tim kantor Kemendagri dan dibantu kantor Dukcapil provinsi. Para relawan akan diberangkatkan menuju 86 titik di lima provinsi dan 26 kabupaten/kota.
 
"Hasil evaluasi kita 60-70 persen perekaman sudah bisa dicetak 30 menit hingga satu jam. Jadi saya minta tim, yang sudah bisa dicetak untuk langsung dicetak dan dibagikan," pungkasnya.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif