Massa aksi lari berhamburan menghindari gas air mata saat terlibat bentrok dengan polisi di Jalan Wahid Hasyim, depan gedung Bawaslu, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Massa aksi lari berhamburan menghindari gas air mata saat terlibat bentrok dengan polisi di Jalan Wahid Hasyim, depan gedung Bawaslu, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Komnas HAM Didorong Usut Kerusuhan 22 Mei

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Arga sumantri • 12 Juni 2019 11:44
Jakarta: Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyebut penyelidikan terkait kerusuhan 21-22 Mei tidak melulu harus dengan tim gabungan pencari fakta (TGPF). Dia menyarankan DPR atau pihak terkait mendorong Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) turun tangan.
 
Menurut Arsul, Komnas HAM adalah komisi negara yang secara resmi diberi kewenangan juga untuk menjalankan penyelidikan. Apalagi, kerusuhan ini menyangkut dugaan pelanggaran HAM.
 
"Kenapa enggak kita dorong saja ya soal ini ke Komnas HAM untuk juga lebih aktif," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 12 Juni 2019

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekretaris Jenderal PPP itu mengatakan Komnas HAM sejatinya sudah turun tangan mengusus kasus kerusuhan 22 Mei. Selain itu, kata dia, lembaga Ombudsman Republik Indonesia juga bergerak mengusut dugaan pelanggaran administrasinya.
 
Baca: Chairawan: Tim Mawar Sudah Bubar
 
"Kita ini segala sesuatu senang membuat, walaupun ad hoc, atau kasuistik, itu senang bikin institusi baru, TGPD dan lain sebagainya," ujar dia.
 
Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendesak pembentukan TGPF kerusuhan 21-22 Mei dipercepat. TGPF diisi orang-orang independen mengungkap kasus ini secara transparan.
 
"Menurut saya peristiwa itu kan menimbulkan korban jiwa, kemudian masih ada orang-orang yang mungkin belum diketemukan dan sebagainya. Seharusnya ada satu tim gabungan pencari fakta ya seperti dulu 21 tahun lalu juga dibentuk TGPF," kata Fadli, Selasa, 11 Juni 2019.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif