Polisi bersenjata memeriksa mobil yang akan masuk ke Polda Metro Jaya (PMJ) di Jakarta, Rabu (13/11/2019). Foto: Antara/Nova Wahyudi
Polisi bersenjata memeriksa mobil yang akan masuk ke Polda Metro Jaya (PMJ) di Jakarta, Rabu (13/11/2019). Foto: Antara/Nova Wahyudi

Polri Mempertebal Pengamanan Pejabat VVIP

Nasional bom bunuh diri pengamanan Ledakan di Polrestabes Medan
Juven Martua Sitompul • 14 November 2019 15:58
Jakarta: Polri menambah pengamanan bagi setiap lembaga negara, khususnya pejabat setingkat presiden, panglima, dan menteri atau VVIP. Penebalan pengamanan ini untuk mengantisipasi terjadinya teror seperti bom bunuh diri di Polrestabes Medan.
 
“Untuk pengamanan VVIP ada penebalan dan antisipasi maksimal,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo kepada Medcom.id, Jakarta, Kamis, 14 November 2019.
 
Dedi memastikan pengamanan di setiap lembaga, termasuk Polres sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP). Setiap masyarakat yang masuk harus melepas jaket dan membuka isi tas bawaan untuk diperiksa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Termasuk, menanyakan tujuan datang ke lokasi. Petugas juga akan menggunakan metal detektor untuk memeriksa benda-benda yang mencurigakan.
 
“Untuk anggota yang melaksanakan tugas, ada body system, anggota yang sedang bertugas ada yang laksanakan pengamanan untuk pantau,” pungkasnya.
 
Bom bunuh diri menghantam Polrestabes Medan. Pelaku menyusup mengenakan jaket ojek daring. Pelaku dapat menembus gerbang saat warga ramai mendatangi Polrestabes Medan.
 
Saat itu, masyarakat sedang mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang dibutuhkan untuk ikut seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pelaku sempat berjalan sekitar 30 sampai 50 meter dari pintu gerbang Polrestabes Medan.
 
Pukul 08.45 WIB, bom yang dibawa pelaku meledak di halaman Polrestabes Medan. Enam orang mengalami luka ringan akibat peristiwa tersebut.
 
Korban yakni empat polisi, satu pegawai harian lepas, dan satu masyarakat. Sedangkan pelaku langsung tewas di tempat.
 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif