Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Foto: Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id
Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Foto: Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id

Pelantikan Jokowi akan Dimeriahkan Parade Budaya

Nasional pelantikan presiden
Desi Angriani • 10 Oktober 2019 15:22
Jakarta: Kelompok seni dan budayawan ikut memeriahkan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Mereka akan melakukan parade budaya mulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga depan Istana Merdeka, Jakarta.
 
"Berbagai budayawan dari berbagai kelompok seni ingin meramaikan dalam bentuk parade budaya begitu," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Moeldoko menegaskan parade budaya diperbolehkan selama tidak berlebihan atau hura-hura. Pasalnya, Jokowi ingin pelantikan dirayakan secara sederhana mengingat masyarakat Ambon, Maluku, masih berduka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya silakan saja, yang penting enggak ada foya-foya. Enggak ada hura-hura lah. Dalam konteks budaya silakan," imbuh dia.
 
Menurut dia, perayaan sederhana itu sebagai rasa syukur para pendukung atau relawan. Karena Jokowi kembali melanjutkan kepemimpinannya di periode kedua.
 
"Masyarakat ikut memberikan support terhadap penyelenggaraan nanti di acara syukuran istilahnya, setelah nanti ada pelantikan. Itu saja intinya," pungkas dia.
 
MPR sebelumnya mengusulkan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih digelar Minggu, 20 Oktober 2019, pukul 14.00 WIB.
 
Usulan diberikan karena pelantikan presiden jatuh pada akhir pekan. MPR tak ingin mengganggu aktivitas masyarakat seperti car free day dan ibadah.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif