Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Surya Paloh: Gempa Cianjur Duka untuk Rakyat Indonesia

Surya Perkasa • 22 November 2022 20:11
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut gempa Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022, menjadi duka bagi semua rakyat Indonesia. Apalagi, bencana yang terjadi siang bolong itu merenggut lebih dari 160 jiwa, melukai 300 lebih warga, dan belasan ribu penduduk lain harus mengungsi.
 
"Atas musibah tersebut, Partai NasDem menyampaikan duka citanya yang mendalam. Semoga, mereka yang meninggal adalah golongan orang-orang yang mendapatkan rahmat dan kemuliaan di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Surya Paloh dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 22 November 2022.
 
Dia berdoa agar keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kekuatan dan ketabahan. Surya Paloh juga berharap warga korban luka akibat gempa segera kembali sehat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk para pengungsi, semoga pemerintah kita mampu memberikan pelayanan yang memadai serta fasilitas perbaikan tempat tinggal yang rusak akibat gempa," kata dia.
 
Baca: Mendagri Imbau Kepala Daerah Bantu Pemkab Cianjur Lewat Anggaran BTT

Dia mengajak seluruh elemen bangsa membangun solidaritas untuk membantu masyarakat terdampak gempa Cianjur. Indonesia harus mampu menunjukkan seluruh bangsa Indonesia bisa membantu, baik dari fisik atau nonfisik, material atau spiritual, besar atau kecil, hingga langsung atau tidak.
 
"Dengan segala kelapangan jiwa kita harus mampu mengambil pelajaran atas musibah yang terjadi. Kejadian ini harus menjadi pelajaran dan pengingat kembali bagi kita, agar adaptif sebagai komunitas yang meninggali salah satu bagian bumi yang rawan bencana, khususnya gempa," kata Surya Paloh.

NasDem bergerak


Surya Paloh menyebut Partai NasDem menyiapkan personel dan kader untuk membantu Cianjur. Sejumlah langkah diambil NasDem untuk membantu seluruh warga terdampak gempa.
 
Pertama, NasDem menggalang solidaritas sosial guna membantu korban bencana di Cianjur melalui Badan Rescue NasDem. Tim telah diturunkan guna membangun posko bantuan dan dapur umum di beberapa lokasi bencana. Selain dapur umum, Badam Rescue NasDem bekerja sama dengan jaringan dokter untuk memberikan layanan konseling bagi korban yang mengalami trauma.
 
Kedua, Barisan Reaksi Cepat (Baret) Garda Pemuda NasDem diterjunkan untuk memperbaiki infrastruktur berbagai fasilitas umum yang mengalami rusak. Baret GP NasDem akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meringankan beban korban bencana. Khususnya warga yang tempat tinggalnya rusak.
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif