Ilustrasi vaksin booster. medcom.id
Ilustrasi vaksin booster. medcom.id

Gonta-ganti Merek Vaksin Booster, Apa Efek Sampingnya?

Adri Prima • 24 Januari 2023 11:42
Jakarta: Masyarakat umum 18 tahun ke atas sudah bisa menerima vaksin booster kedua mulai Selasa, 24 Januari 2023. 
 
Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengalokasikan stok vaksin covid-19 sebanyak 9,3 juta dosis untuk mendukung program vaksinasi dosis penguat atau booster kedua bagi masyarakat umum.
 
Jenis vaksin yang tersedia di antaranya 138.185 dosis vaksin Janssen, 3.344.772 dosis vaksin Pfizer, 8.404 dosis vaksin Sinopharm, 189.684 vaksin Zifivax. Sisanya adalah vaksin Merah Putih produksi dalam negeri di antaranya 1.171.755 dosis vaksin InaVac, dan 4.528.570 dosis vaksin IndoVac.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari sekian banyak jenis vaksin yang tersedia, pertanyaannya, apakah gonta-ganti jenis vaksin booster memiliki efek samping berbahaya?
 
Pencampuran vaksin sebenarnya bukan hal yang baru lantaran sudah lama digunakan untuk vaksin penyakit lain. Namun tentunya kombinasi vaksin booster juga sudah diatur oleh Kemenkes. 

Pencampuran vaksin


Pencampuran vaksin Covid-19 menggunakan merek berbeda faktanya tetap meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan virus corona. 
 
Melansir dari sehatq, penelitian di Spanyol terhadap 663 orang partisipan yang menerima vaksin AstraZeneca dengan Pfizer menghasilkan antibodi tubuh jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. 
 
Pada tes laboratorium, antibodi tersebut mampu mengenali dan menonaktifkan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Efek samping gonta-ganti vaksin booster


Adapun efek samping gonta-ganti vaksin booster juga tergolong ringan sampai sedang. Misalnya menggigil, merasa lelah, demam, sakit kepala, nyeri sendi, malaise, nyeri otot, serta nyeri pada area tubuh yang disuntik.
 
Akan tetapi, reaksi efek samping tersebut berlangsung singkat dan cenderung aman bahkan lebih ringan dibanding vaksin dosis pertama dan kedua.
 
(PRI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif