Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Jokowi Beberkan Alasan Tunjuk Terawan jadi Menkes

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf Dokter Terawan
Damar Iradat • 24 Oktober 2019 21:51
Jakarta: Presiden Joko Widodo buka suara perihal penunjukkan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Jokowi menyebut pemerintah membutuhkan sosok seperti Terawan yang mumpuni di bidang pengelolaan manajemen kesehatan.
 
"Menteri ini lebih titik beratnya kepada pengelolaan, lebih kepada manajemen. Baik itu manajemen anggaran, baik manajemen personalianya yang ada di Kementerian Kesehatan," ungkap Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Menurutnya, manajemen tersebut terkait dengan pendistribusian anggaran yang harus benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga, menterinya pun harus memiliki pengalaman manajemen yang baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya melihat dokter Terawan dalam mengelola RSPAD memiliki kemampuan itu," kata dia.
 
Di sisi lain, Jokowi menyebut jika Terawan memiliki pengalaman yang cukup banyak. Salah satunya, permah menjadi Ketua Dokter Militer Dunia.
 
Pengalaman Terawan seperti menghadapi bencana dan ancaman-ancaman endemik juga dibutuhkan. Sebab, Indonesia selalu berada pada posisi bencana dan ancaman endemik.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut orientasi Terawan yang mengedepankan tindakan preventif juga menjadi salah satu alasannya.
 
"Artinya, berkaitan dengan hidup yang sehat, pola makan sehat, olahraga yang sehat, bukan titik beratnya pada mengurusi yang telah sakit, membuat rakyat kita sehat," pungkas Jokowi.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif