Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonmi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan 7,4 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2023. Sejumlah langkah dilakukan, termasuk membuka penerbangan langsung dari luar negeri.
"Ada beberapa penerbangan langsung luar negeri dari Qatar dan Dubai yang sudah menyampaikan, termasuk juga kita ingin ada penambahan dari Singapura dan beberapa negara ASEAN," ujar Sandiaga dikutip dari Antara, Rabu, 11 Januari 2022.
Selain itu, dia menyesuaikan pemasaran pariwisata Indonesia. Sandiaga bakal fokus memasarkan pariwisata ke negara-negara besar seperti Australia dan Selandia Baru.
"Juga Malaysia dan Singapura yang masih terus bertumbuh,” kata Sandiaga.
Menurut Menparekraf, pemasaran pariwisata ke negara-negara itu dapat menarik wisman ke Indonesia. Sandiaga juga fokus mengejar target 1,4 pergerakan wisatawan nusantara tahun ini.
"Bagaimana dengan definisi pergerakan wisatawan nusantara yang bergerak antar kabupaten lebih dari 6 jam ini bisa dipicu," kata dia.
Di sisi lain, Sandiaga mengajak berbagai pihak memperkuat produk wisata dan event domestik. Menurut dia, hal tersebut merupakan tulang punggung bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Sandiaga fokus pada memperpanjang lama tinggal (length of stay) dan meningkatkan kualitas belanja (quality of spending) para wisatawan. Sehingga, target capaian devisa pariwisata sebesar 5,95 miliar dolar AS terealisasi.
“Program-program peningkatan ekspor dari ekonomi kreatif 20,5 miliar dolar AS akan didorong melalui penguatan rantai pasok, memperkuat ekonomi, Bangga Buatan Indonesia, dan Bangga Berwisata di Indonesia,” kata Sandiaga Uno.
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonmi Kreatif (Menparekraf)
Sandiaga Uno menargetkan 7,4 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2023. Sejumlah langkah dilakukan, termasuk membuka penerbangan langsung dari luar negeri.
"Ada beberapa
penerbangan langsung luar negeri dari Qatar dan Dubai yang sudah menyampaikan, termasuk juga kita ingin ada penambahan dari Singapura dan beberapa negara ASEAN," ujar Sandiaga dikutip dari
Antara, Rabu, 11 Januari 2022.
Selain itu, dia menyesuaikan pemasaran
pariwisata Indonesia. Sandiaga bakal fokus memasarkan pariwisata ke negara-negara besar seperti Australia dan Selandia Baru.
"Juga Malaysia dan Singapura yang masih terus bertumbuh,” kata Sandiaga.
Menurut Menparekraf, pemasaran pariwisata ke negara-negara itu dapat menarik wisman ke Indonesia. Sandiaga juga fokus mengejar target 1,4 pergerakan wisatawan nusantara tahun ini.
"Bagaimana dengan definisi pergerakan wisatawan nusantara yang bergerak antar kabupaten lebih dari 6 jam ini bisa dipicu," kata dia.
Di sisi lain, Sandiaga mengajak berbagai pihak memperkuat produk wisata dan event domestik. Menurut dia, hal tersebut merupakan tulang punggung bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Sandiaga fokus pada memperpanjang lama tinggal (
length of stay) dan meningkatkan kualitas belanja (
quality of spending) para wisatawan. Sehingga, target capaian devisa pariwisata sebesar 5,95 miliar dolar AS terealisasi.
“Program-program peningkatan ekspor dari ekonomi kreatif 20,5 miliar dolar AS akan didorong melalui penguatan rantai pasok, memperkuat ekonomi, Bangga Buatan Indonesia, dan Bangga Berwisata di Indonesia,” kata Sandiaga Uno.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ADN)