Lebanon Apresiasi Bantuan Perdamaian Indonesia
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (kedua kanan) menerima plakat dari Menhan Lebanon Yaacoub Saaraf (kanan). Foto: Dokumentasi).
Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melakukan kunjungan kerja di Lebanon. Dalam lawatan itu, Fadli menerima apresiasi dari pemerintah Lebanon terkait peran TNI yang menjaga perdamaian.

"Menhan Yaacoub Saaraf menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pasukan TNI sebagai komponen pasukan terbesar di UNIFIL dalam menjaga keamanan dan perdamaian di Lebanon," kata Fadli dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Kamis, 12 Juli 2018.

TNI menjadi penjaga perdamaian di Lebanon sejak 2006. Menteri Pertahanan Lebanon Yaacoub bahkan menyebut Kontingen Garuda menjadi garda terdepan dalam menjaga perdamaian di kawasan tersebut.


Saaraf juga menyampaikan Indonesia menjadi partner terbaik bagi Lebanon. Selain memiliki kesamaan latar belakang sejarah dan budaya, Indonesia dan Lebanon juga memiliki kesamaan sikap dalam menentang agresi dan penjajahan Israel.

"Indonesia bisa berperan lebih besar menengahi konflik di Timur Tengah," ujar Fadli menirukan Saaraf.

Terakhir, Menhan Lebanon juga berharap kerja sama bilateral dengan Indonesia dapat diperluas. Tak saja di bawah bendera UNIFIL, namun mencakup kerja sama bilateral di bidang pertahanan dan keamanan kedua negara. Contohnya, kerja sama penanggulangan terorisme.

"Indonesia perlu meningkatkan hubungan dengan Lebanon khususnya melalui Kementerian Pertahanan untuk mengkongkretkan beberapa bidang pertahanan antara kedua negara. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, punya beragam etnis dan agama, Indonesia cukup berhasil mengelola perbedaan melalui jalan demokrasi," kata poltikus Partai Gerindra ini. 



(HUS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id