NU Tetap Menanggulangi Teroris meski tanpa Anggaran

M Sholahadhin Azhar 15 Mei 2018 20:10 WIB
terorismeTeror Bom di Surabaya
NU Tetap Menanggulangi Teroris meski tanpa Anggaran
Sekjen PBNU Helmy Faishal/Medcom.id/Adin
Jakarta: Nadhlatul Ulama (NU) berkomitmen bertanggung jawab soal penanggulangan teroris di sektor hulu. Sekjen PBNU Helmy Faishal menekankan penanggulangan terorisme menjadi urusan semua pihak.

"Bagi kita, ada anggaran jalan, enggak ada anggaran kita juga tetap jalan," tegas Helmy di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Mei 2018.

PBNU bakal menanggulangi sektor hulu. Penanganan terorisme di hulu dilakukan dengan merangkul kelompok ekstremis Islam. Mereka juga berupaya menyelaraskan pandangan tentang Islam rahmatan lil 'alamin.


Baca: Penanganan Terorisme tak Cukup di Hilir

Ia menjelaskan tugas pokok PBNU memang melakukan pendekatan humanis dengan dasar Islam. Silaturahmi menjadi salah satu cara ampuh.

Helmy menekankan penanggulangan sektor hulu maupun hilir harus berjalan. Serangan beruntun belakangan sudah bisa menunjukkan pergerakan jaringan teroris. Ada pola terstruktur dalam aksi tersebut.

"Maka penanganan teroris dari hulu ke hilir itu, kita harus memotong masuknya jaringan-jaringan ini," kata Helmy.

Baca: Empat Pemikiran Jokowi Mengatasi Terorisme

Dari sisi hilir, Helmy memandang intelijen Indonesia sudah bisa membaca sumber jaringan-jaringan teroris di luar negeri. Deteksi keterlibatan pihak-pihak di dalam negeri dipastikan menjadi tugas PBNU.

"Kalau menangani pelaku yang di hilir saja, tanpa menangani hulu, maka peristiwa akan berulang kembali. Sinyalemen penyebaran terorisme dari lapas ke lapas sudah kita sampaikan lama, hampir sama dengan narkoba," ucap Helmy.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id