Suasana peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional di Kementerian Kominfo, Sabtu, 22 September 2018. Medcom.id/Sonya Michaella.
Suasana peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional di Kementerian Kominfo, Sabtu, 22 September 2018. Medcom.id/Sonya Michaella.

Pemerintah Diminta Beri Akses untuk Tunawicara dan Tunarungu

Sonya Michaella • 22 September 2018 14:31
Jakarta: Komunitas Tuli Indonesia meminta pemerintah lebih memerhatikan para penyandang tunawicara dan tunarungu. Khususnya soal akses kehidupan sehari-hari.
 
“Untuk saat ini, akses belum memadai. Tapi kami mengapresiasi di stasiun televisi sudah ada juru bahasa isyarat. Jadi kami bisa mengerti apa yang dibawakan pembawa acara berita,” kata Ketua Hari Bahasa Isyarat Internasional Laura di Kementerian Kominfo, Jakarta, Sabtu, 22 September 2018.
 
“Tetapi saya mau pemerintah bisa melihat bahwa bahasa isyarat bisa setara dengan bahasa lisan. Jadi ke depannya, pemerintah bisa memberikan akses untuk kami, misalnya di bidang pendidikan,” ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laura menjelaskan yang penting bukan bagaimana fokus pemerintah kepada orang-orang yang tak bisa bicara atau mendengar, melainkan lebih kepada akses.
 
“Misalnya untuk penyediaan juru bahasa isyarat di tempat-tempat umum. Masih belum ada. Saya tahu itu sangat sulit, tapi sudah banyak orang normal yang belajar bahasa isyarat,” tambahnya.
 
Ia mencontohkan di bidang pendidikan. Tak semua tunarungu dan tunawicara mau bersekolah di Sekolah Luar Biasa. Terkadang, mereka ingin bersekolah di sekolah umum agar kemampuannya lebih terasah.
 
“Nah di sekolah umum, belum ada juru bahasa isyarat. Jadi kami harus membaca gerak bibir yang itu sangat sulit sekali bagi kami,” tutur dia.
 
Dengan disosialisasikannya bahasa isyarat dalam perayaan Hari Bahasa Isyarat Internasional ini, Laura berharap agar pemerintah Indonesia bisa memajukan akses untuk para penyandang tunawicara dan tunarungu.
 
(DRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif