KKB Diduga Bunuh 31 Pekerja di Kabupaten Nduga
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jayapura: Kelompok kriminal bersenjata (KKB) diduga membunuh sejumlah pekerja di Distrik Yigi, Nduga, Papua. Dilaporkan, 31 orang tewas akibat serangan ini.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengaku telah mendapatkan kabar itu. Namun, tim yang ditugaskan belum bisa mencapai lokasi karena jarak yang cukup jauh dari Jayapura.

"Kemarin sore kami tunda untuk masuk ke lokasi. Dari Jayapura ke distrik itu sekitar enam jam dan jalan diblokir oleh kelompok tersebut," kata Kamal dalam Metro Pagi Metro TV, Selasa, 4 Desember 2018.


Serangan terjadi pada Sabtu, 1 Desember 2018, dan Minggu, 2 Desember 2018. Setidaknya 24 orang dikabar tewas dalam serangan pertama terhadap pekerja dari PT Istaka Karya itu. 

Pada serangan pertama itu, delapan pekerja berhasil kabur ke rumah warga. Namun, anggota KKB berhasil menemukan dan langsung membuuh mereka. Dari delapan korban itu, satu jenazah masih belum ditemukan.

"Delapan orang yang menyelamatkan diri ini sembunyi di rumah warga. Namun, keberadaan mereka diketahui kelompok bersenjata. Mereka diambil paksa dan dibantai," kata dia.

Sebanyak 31 orang itu merupakan pekerja PT Istaka Karya. Pekerja itu tengah membuka isolasi dari wilayah pegunungan itu.

Polda Papua bakal kembali menyambangi lokasi penembakan ini. Polisi ingin memastikan kondisi di daerah tersebut benar-benar aman buat masyarakat.

"Kita harus lihat bahwa kondisi benar-benar aman. Pagi ini kita coba ke sana dan kapolda juga akan ikut," lanjut dia.



(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id