Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meninjau penanganan para pasien korban tsunami yang dirawat RSDP. Istimewa
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meninjau penanganan para pasien korban tsunami yang dirawat RSDP. Istimewa

RSDP Serang Siagakan 100 Dokter Tangani Korban Tsunami

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Al Abrar • 27 Desember 2018 16:01
Serang: Rumah Sakit Drajat Prawiranegara (RSDP), Serang menyiagakan seratusan dokter untuk merawat korban tsunami yang menerjang Pandeglang, Sabtu, 22 Desember 2018 lalu. Ratusan dokter itu belum termasuk dokter bantuan dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo.
 
"Kurang lebih ada 100 dokter, 57 spesialis dan umum di IGD yang menangani korban bencana," kata Plt Direktur RSDP Sri Nurhayati, Kamis, 27 Desember 2018.
 
Baca:Ambil Jenazah, Keluarga Korban Tsunami Dipalak Rp3,9 Juta

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meninjau penanganan para pasien korban tsunami yang dirawat RSDP. Sejak terjadinya bencana tsunami Selat Sunda, korban yang dirawat di RSDP tercatat 125 pasien.
 
Para korban meninggal yang ditangani instalasi forensik dan medikolegal sebanyak 27 orang dan telah dibawa pulang oleh keluarga masing-masing.
"Sekarang yang dirawat ada 36 orang dan relatif membaik,” paparnya.
 
Menanggapi kabar adanya kuitansi pembayaran biaya jasa pelayanan jenazah korban tsunami Selat Sunda di media massa setempat, Sri menegaskannya sebagai kabar bohong.
 
"Itu bukan kuitansi resmi RSDP dan di luar sepengetahuan manajemen RSDP," tegas Sri.
 
Tidak ada biaya sama sekali yang harus dibayar oleh korban dan keluarga korban tsunami Selat Sunda. Tidak hanya bagi yang dirawat di RSDP tapi juga seluruh puskesmas di wilayah Serang.
 
"Pelayanan terhadap korban bencana, baik yang datang dari Serang maupun Pandeglang, baik yang luka maupun meninggal dunia, dilakukan selama 24 jam tanpa ada biaya," ujar Sri tentang perintah dari Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif