Bocah korban tsunami Selat Sunda menerima bantuan makanan dari Dompet Dhuafa. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Bocah korban tsunami Selat Sunda menerima bantuan makanan dari Dompet Dhuafa. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Senyum Surya Tak Tenggelam Diterpa Tsunami

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Fachri Audhia Hafiez • 27 Desember 2018 19:17
Jakarta: Wajah ceria tampak dari wajah Surya, 12, bocah pengungsi asal Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Keceriaannya tak hilang walau diterpa tsunami beberapa hari lalu.

Surya mendapat segelas puding hijau dari mobil Dapur Keliling (Darling) Dompet Dhuafa. Surya bersama beberapa rekannya tampak menikmati puding yang dibagikan langsung tim Dompet Dhuafa.

"Enak pudingnya," kata Surya kepada Medcom.id di Posko Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Kamis, 27 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Surya bersama keluarganya yang menjadi salah satu korban terdampak tsunami. Namun, dia mengaku sudah melupakan bencana yang terjadi Sabtu, 22 Desember 2018. "Sudah enggak apa-apa, tenang sekarang," ujar Surya sambil tersipu malu.

Santi, 13, juga nampak menikmati segelas puding yang digenggamnya erat. Dia juga mengakui sekarang lebih tenang, meski mewaspadai bila bencana sewaktu-sewaktu datang. "Iya lebih baik sekarang."

Sementara itu, Dompet Dhuafa berupaya mendistribusikan makanan sehat untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi para pengungsi korban tsunami Selat Sunda. Tak hanya puding, pengungsi juga mendapatkan makanan berupa bubur kacang hijau, telur rebus, serta roti.

Baca: Indonesia Perlu Kurikulum Sekolah Darurat

"Kami dari Darling Dompet Dhuafa menyediakan 500 porsi bubur kacang hijau dan telur rebus serta roti untuk dibagikan kepada warga yang mengungsi," ujar Koordinator Darling Dompet Dhuafa Priyanto.

Program Darling Dompet Dhuafa sudah beroperasi sejak 24 Desember 2018 untuk membantu kebutuhan makanan pengungsi tsunami Selat Sunda. Sementara itu, Darling Dompet Dhuafa telah terbentuk sejak Mei 2018.

Sejauh ini, program sudah mencakup wilayah bencana dan beberapa aspek program kerja Dompet Dhuafa. Program ini juga diterapkan di bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan gempa-tsunami di Sulawesi Tengah.




(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi