Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: tangkapan layar
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: tangkapan layar

Lonjakan Akibat Omicron Menanti, Disiplin Prokes Harga Mati

Nasional kemenkes covid-19 protokol kesehatan tes PCR Omicron Varian Omicron
Theofilus Ifan Sucipto • 12 Januari 2022 09:20
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan strategi menghadapi lonjakan kasus akibat Omicron. Upaya itu mirip dengan penanganan varian lain.
 
“Yang paling penting kita harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Pakai masker adalah hal utama yang kita lakukan,” tegas Budi dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 11 Januari 2022 malam.
 
Strategi kedua, yakni memasifkan upaya surveilans dengan testing, tracing, dan treatment (3T). Budi mendorong masyarakat yang merasa kurang sehat agar segera dites polymerase chain reaction (PCR).
 
“Kami akan segera meningkatkan reagen-reagen PCR yang bisa mendeteksi Omicron,” papar dia.
 
Budi menyebut gejala Omicron umumnya lebih ringan dari varian lain. Pemerintah memfokuskan penanganan melalui isolasi mandiri yang dipantau melalui layanan telemedicine.
 
Baca: Menkes: Kasus Omicron Pasti Naik Cukup Tinggi dan Cepat
 
“Strategi perawatan bukan di rumah sakit tapi isolasi mandiri di rumah sehingga yang terkena (Omicron) bisa sembuh sendiri,” tutur mantan Wakil Menteri BUMN itu.
 
Jurus ketiga ialah mempercepat progres vaksinasi terutama lanjut usia (lansia). Pasalnya, mereka merupakan kelompok rentan bila terpapar Omicron.
 
“Percepat vaksinasi primer (dosis pertama dan kedua) untuk orang tua kita karena mereka yang harus dilindungi,” jelas Budi.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif