Umrah dibuka lagi. Foto: Dok/Metro TV
Umrah dibuka lagi. Foto: Dok/Metro TV

Ibadah Umrah Kembali Dibuka

Nasional Ibadah Umrah Kemenag Holywings Gatot Subroto Langgar Prokes Varian Omicron
MetroTV • 08 Januari 2022 15:11
Tangerang: Pemerintah Indonesia kembali memberangkatkan ratusan jemaah umrah dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kementerian Agama (Kemenag) turut hadir dalam pemberangkatan kali ini.
 
Dari hasil pantauan, hingga pukul 10.00 WIB belum ada kedatangan jemaah umrah yang nantinya akan diberangkatkan langsung ke Madinah sekitar pukul 13.10 WIB menggunakan pesawat Lion Air.
 
"Meskipun demikian, pukul 8.30 WIB sejumlah petugas bandara, perwakilan dari travel agency sudah datang membawa barang bawaan di Gate A terminal keberangkatan Soekarno-Hatta," kata Vallentina Chelsy reporter melalui tayangan program Headline News di Metro TV, Sabtu, 8 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini proses loading barang atau bagasi untuk check-in sedang berlangsung. Sehingga nantinya pada saat kedatangan jemaah umrah bisa langsung masuk ke terminal keberangkatan," sambung reporter.
 
Berdasarkan data yang dihimpun dari Kemenag, rombongan jemaah umrah ini dilepas langsung oleh perwakilan Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.
 
Masing-masing travel agency telah mengatur proses perjalanan selama keberangkatan jemaah umrah termasuk dengan tes PCR. Selama proses karantina di Jakarta dan nantinya di Madinah total berlangsung selama 10 hari.
 
"Nantinya akan ada lima malam di Madinah, tiga malam di Mekkah dan perjalanan pulang selama dua malam," jelas Chelsy.
 
Rencananya, akan ada penerbangan berbeda sore nanti. Penerbangan selanjutnya akan menggunakan Qatar Airways.
 
“Keberangkatan menggunakan Lion Air sebanyak 400 orang, sedangkan sore nanti menggunakan Qatar Airways sejumlah 109 orang dari travel agency PT. Samira Ali Wisata dan PT. Jannah Firdaus,” katanya.
 
Tahap awal pemberangkatan jemaah umrah ini diawali pada 8 hingga 15 Januari 2022. Pada 10 Januari ada sekitar 28 orang diberangkatkan. Pada 12 Januari ada dua keberangkatan berbeda menggunakan pesawat Emirates berjumlah 9 dan 25 orang. Hingga 15 Januari nanti menggunakan pesawat Garuda sebanyak 126 orang.
 
Petugas bandara ikut serta memastikan seluruh jemaah umrah ke Madinah dan Mekkah memiliki surat bebas covid-19 dan ketika tiba tetap menjalani karantina selama 7 hari sesuai anjuran pemerintah Indonesia. (Monique Handa Shafira)
 
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif