Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dikukuhkan jadi ketua umum PB ISSI. Foto: Dok Kemenpora
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dikukuhkan jadi ketua umum PB ISSI. Foto: Dok Kemenpora

Jadi Ketum PB ISSI, Kapolri Berambisi Tingkatkan Prestasi Atlet Sepeda

Siti Yona Hukmana • 13 Desember 2021 08:56
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berambisi meningkatkan prestasi atlet sepeda. Komitmen ini disampaikan Listyo setelah resmi menjabat sebagai ketua umum (ketum) Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) masa bakti 2021-2025. 
 
"Bagaimana ke depan sport sepeda ini menjadi salah satu sumbangan kontribusi dalam rangka mengharumkan nama bangsa di event internasional, apakah itu di Asian Games, SEA Games, Olimpiade, ataupun kejuaraan-kejuaraan internasional lain," kata Listyo dalam keterangan tertulis, Senin, 13 Desember 2021. 
 
Menurut dia, PB ISSI telah membuat rencana kerja. Fokus utama PB ISSI, yakni menyelaraskan desain besar olahraga nasional yang dibuat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Listyo menilai olahraga sepeda saat ini cukup digemari masyarakat Indonesia. Hal ini akan dimanfaatkan untuk memperbanyak kompetisi sepeda nasional maupun internasional.
 
Baca: Kapolri Listyo Sigit Jadi Ketum PB ISSI, Kemenpora Bilang Begini
 
"Untuk menambah Tour De Singkarak, Tour De Bali, dan sebagainya akan kita tambah sehingga Indonesia menjadi tujuan wisata sport, sport tourism," ungkap Listyo. 
 
Dia juga mendorong jalur sepeda disediakan di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. PB ISSI akan disiapkan menjadi kawah candradimuka untuk menjaring talenta pesepeda yang bisa diorbitkan menjadi atlet berprestasi pada turnamen tingkat daerah. 
 
"Untuk kemudian kita kembangkan sehingga ke depan bisa mengharumkan nama bangsa," kata Listyo. 
 
Di sisi lain, pembangunan jalur dapat meningkatkan minat masyarakat beraktivitas menggunakan sepeda. Listyo menyebut perpindahan moda transportasi ke sepeda dapat mengurangi polusi energi fosil dari kendaraan bermotor.
 
"Ini juga bagian dari komitmen untuk mengelola perubahan iklim akibat efek rumah kaca," ucap Listyo. 
 
Listyo turut memastikan PB ISSI ikut berkontribusi dalam program pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya dalam industri maupun investasi terkait sepeda. 
 
"Berkembangnya dunia sepeda bisa menciptakan multiplier efek bagi daerah-daerah di sekitarnya," kata mantan Kabareskrim Polri itu.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif