Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Tambah Embung di Sumba Tengah

Nasional presiden jokowi NTT Food Estate
Nur Azizah • 23 Februari 2021 12:19
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menambah embung di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Tengah (NTT). Penambahan embung untuk mendukung keberlanjutan lumbung pangan di kawasan tersebut.
 
"Problemnya memang di seluruh NTT itu sama, yaitu masalah air, memang kuncinya ada di air," kata Jokowi di Sumba Tengah, NTT, Selasa, 23 Februari 2021.
 
Jokowi mengatakan pemerintah sudah membangun embung dan sumur bor untuk irigasi sawah. Namun, jumlahnya belum mencukupi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beberapa embung ada di sana, embung besar juga sudah dibangun tapi masih jauh dari cukup, masih kurang. Saya sudah perintahkan Pak Menteri PUPR untuk dilihat kemungkinan dibangun waduk atau bendungan kemudian tambahan untuk embung dan juga sumur bor," ujar Jokowi.
 
Selain itu, Jokowi memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk memberikan alat pertanian. Saat ini, yang paling dibutuhkan traktor.
 
"Itu sangat dibutuhkan sekali. Saya rasa kalau ini kita kerjakan saya yakin food estate yang ada di Kalimantan Tengah, Sumatra Utara, dan NTT ini akan bisa membangun ketahanan pangan yang baik untuk negara kita," ujar Jokowi.
 
Baca: Jokowi Bangun 5 Ribu Hektare Lumbung Pangan di NTT
 
Dia ingin proyek lumbung pangan ini diikuti provinsi lain. Khusus di NTT, pemerintah akan membangun lumbung pangan seluas 5 ribu hektare.
 
Rinciannya, 3 ribu hektare untuk padi dan 2 ribu hektare untuk jagung. Nantinya, diperluas hingga 10 ribu hektare, 5.600 hektare untuk padi dan 4.400 hektare untuk jagung.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif