Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Gunung Soputan Kembali Erupsi

Nasional gunung meletus
Dian Ihsan Siregar • 16 Desember 2018 09:48
Jakarta: Gunung Soputan di Pulau Ternate, Sulawesi Utara, mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu kurang lebih 3.000 meter dari atas puncak gunung. Saat ini, Gunung Soputan berada pada level III atau siaga.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi terjadi sekitar pukul 03.09 WITA, Minggu, 16 Desember 2018. Abu yang dikeluarkan  berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan mengarah ke tenggara.

"Erupsi terekam di seismogram, dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi ± 5 menit 51 detik," kata PVMBG dilansir dari Antara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



PVMBG menyebut suara gemuruh masih terus terdengar dari pos pengamatan gunung api (PGA) Soputan, yang letaknya berada sekitar 10 km di sebelah barat daya puncak. "Lalu, seismograf masih merekam tremor menerus, itu artinya erupsi masih berlangsung," ungkap PVMBG. PVMBG mengimbau kepada warga agar tidak beraktivitas di dalam radius empat kilometer (km) dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-barat daya sejauh 6,5 km. Masyarakat juga diminta tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya aliran lahar, khususnya pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan. 

"Ketika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, agar tak kena gangguan pada pernapasan," jelas PVMBG.


(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi