Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Antara/Jefri Tarigan
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Antara/Jefri Tarigan

Luhut Salut dengan Penemu CVR Lion Air PK-LQP

Nasional Lion Air Jatuh
Dheri Agriesta • 21 Januari 2019 17:04
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bertemu dengan para penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang menemukan cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP. Luhut mendengar cerita dan perjuangan para prajurit itu.
 
"Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras teman-teman ini, semua banyak bukan hanya ini (yang hadir) sebenarnya, tapi yang kemarin kebetulan ujungnya keberhasilan itu karena cerita-cerita mereka yang sampai titik darah penghabisan tidak menyerah," kata Luhut didampingi para penyelam di Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin, 21 Januari 2019.
 
Luhut mendengarkan secara rinci perjuangan para prajurit sampai menemukan CVR pesawat nahas itu. Ia menyebut CVR ditemukan di hari terakhir pencarian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para prajurit memang bertekad mencari bagian kotak hitam itu. Luhut menambahkan para penyelam memodifikasi beberapa cara yang dipakai tim penyelam asal Singapura.
 
Para penyelam asal Singapura itu awalnya disewa untuk membantu pencarian kotak hitam. Namun, hingga tenggat waktu yang diberikan, para penyelam asal Singapura tak dapat menemukan CVR.
 
Para penyelam Kopaska yang awalnya menggunakan cara konvensional pun mengadopsi cara penyelam asal Singapura. Mereka menggunakan beberapa alat seperti telepon bawah air untuk menjalin komunikasi dengan tim yang berada di kapal.
 
"Memang menguntungkan mereka memperkecil sektor pencarian, dan oleh Tim KNKT dan Pushidros mereka membangun tim sendiri pakai kapal Angkatan Laut, kemudian perlengkapan BPPT, semua masuk lah," kata Luhut.
 
Luhut sebelumnya mengapresiasi pembentukan tim itu. Ia pun meminta tim terus mencari karena ping dari CVR masih terdengar.
 
"Ya last minute mereka nyelam pada kedalaman 35 meter, mereka akhirnya menemukan CVR tadi itu. Dan CVR itu tadi oleh Pak Soerjanto KNKT sudah dapat, sudah mereka pelajari, mungkin pada waktunya juga akan dilaporkan," jelas dia.
 
Luhut mengundang perwakilan penyelam penemu CVR Lion Air PK-LQP untuk makan siang di Kemenko Kemaritiman. Mereka di antaranya, Kapten Laut Iwan C, Serda Ttg Satria Margono, KLK Tri Agus Pramayuda, dan KLK Debi Susanto.
 
Dalam acara itu turut hadir Kadislambair Kolonel Monang Sitompul dan Kepala KNKT Soerjanto.
 

(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi