Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad (kiri). Foto:  Antara/Reno Esnir
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad (kiri). Foto: Antara/Reno Esnir

Polisi Kumpulkan Bukti Bentrok Mesuji

Nasional bentrokan
Lukman Diah Sari • 18 Juli 2019 23:43
Jakarta: Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan penyelidikan kasus bentrokan di Mesuji, Lampung, tengah berjalan. Saat ini, sejumlah bukti dan saksi tengah dikumpulkan penyidik.
 
"Untuk penyelidikan kasus sambil berjalan simultan, itu bisa berjalan pararel," ujar Pandra kepada Medcom.id, Kamis, 18 Juli 2019.
 
Pandra mengaku belum tahu berapa saksi yang sudah diperiksa penyidik. Tapi dia memastikan penyelidikan sedang berjalan seiring dengan tindakan untuk menenangkan warga di Mesuji.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kan belum sampai 24 jam. Kita sembari melakukan pendekatan ke masyarakat untuk memulihkan rasa trauma, makanya upaya yang dilakukan persuasif dan preventif," ujarnya.
 
Dia mengungkap pengamanan di lokasi bentrok masih dilakukan. Yakni dengan pengamanan terbuka dan tertutup, intelijen pun masih berjalan.
 
"Di antara 10 korban ada yang menjadi saksi utama, atau diduga bisa menjadi tersangka," jelasnya.
 
Pandra menegaskan pihaknya saat ini masih berupaya untuk mendinginkan suasana. Kini kondisi di lokasi bentrok kondusif.
 
Bentrokan antara kelompok Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM dan kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya terjadi pada Rabu, 17 Juli 2019, sekitar pukul 14.00 WIB di Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM. Bentrok dilatarbelakangi sengketa pembajakan area lahan setengah hektare.
 
Sekitar pukul 11.00 WIB, datang alat berat bajak milik kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya, kemudian melakukan pembajakan di lokasi KHP Register 45 Mekar Jaya Abadi. Pembajakan dilakukan di area lahan seluas setengah hektare milik salah satu warga bernama Yusuf, 41, yang merupakan kelompok Mekar Jaya Abadi.
 
Kegiatan pembajakan tersebut kemudian diketahui oleh salah satu warga dari kelompok Mekar Jaya Abadi. Mengetahui itu, warga tersebut memukul kentongan dan mengamankan warga yang sedang membajak tersebut.
 
Warga kemudian menanyakan perintah siapa untuk melakukan pembajakan tersebut. Tidak lama, operator bajak disuruh pulang. Ia kemudian kembali ke area pembajakan membawa rekannya dan langsung menyerang kelompok Mekar Jaya.
 

 
(BOW)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif