Ilustrasi pemantauan hilal - ANT/Abriawan Abhe.
Ilustrasi pemantauan hilal - ANT/Abriawan Abhe.

Lebaran Jatuh pada 5 Juni

Nasional Ramadan 2019
Muhammad Syahrul Ramadhan • 03 Juni 2019 19:02
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan Idulfitri atau 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Ini berdasarkan pantauan hilal di 105 titik.
 
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut dari pantauan pada Senin, 3 Juni 2019, posisi hilal ada di -1 derajat 26 menit sampai dengan -0 derajat 6 menit. Hilal berada di bawah ufuk. Tak hanya itu, dari tim rukyat yang ditugaskan melihat hilal di 34 provinsi tak satu pun melihat hilal.
 
"Dengan dua hal tersebut sebagaimana ketentuan yang berlaku ketika hal itu terjadi maka bulan Ramadan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari itu artinya besok Selasa (4 Juni 2019) masih berpuasa dan dengan demikian 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu, 5 juni 2019," kata Lukman dalam konfrensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta pusat, Senin, 3 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sidang Isbat dimulai dengan pemaparan pantauan hilal. Sidang dihadiri Duta Besar negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).
 
Perwakilan Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren juga menghadiri sidang isbat.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif