Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung. Medcom.id/Siti Yona
Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung. Medcom.id/Siti Yona

Berkas Perkara Kurir Sabu Nunung Dilimpahkan Pekan Depan

Nasional nunung
Siti Yona Hukmana • 16 Agustus 2019 23:45
Jakarta: Berkas perkara kurir sabu komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung, Sandiansyah alias K dilimpahkan pekan depan. Penyidik saat ini tengah merampungkan berkas tersebut.
 
Kasubdit I Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak mengatakan, berkas perkara Sandianysah akan disatukan dengan berkas empat temannya yang ikut diringkus di Trenggalek, Jawa Timur, pada Sabtu, 3 Agustus 2019 lalu. Keempat tersangka itu, yakni Fajar Ali Paturohman, 20; Dera Anggi Wigena, 32; Dino Ananda Vironiko alias Bagong, 19; dan Manik Lanang Palgunadi, 29.
 
"Terkait dengan berkas K dan empat temannya, minggu depan kita akan kirim ke kejaksaan," kata Calvijn di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 16 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, berkas perkara pengedar narkoba Nunung, Enang (E) dan Ipung (IP) disebutkan Calvijn tengah dikaji oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Berkas itu dikirim Kamis, 1 Agustus 2019.
 
"Tapi, untuk berkas IP dan E masih menunggu penelitian dari kejaksaan," ujar Calvijn.
 
Sementara berkas Nunung dan suaminya, July Jan Sambiran beserta pengedar Hadi Moheriyanto tengah menunggu P21 atau lengkap dari jaksa. Perbaikan berkas tahap pertama dilakukan Selasa, 13 Agustus 2019, setelah dikembalikan Senin, 12 Agustus 2019.
 
Nunung, suaminya dan pengedar sabu Hadi ditangkap polisi di kediaman Nunung kawasan Tebet Timur III, Jakarta Selatan pada Jumat, 19 Juli 2019 siang. Dari hasil penangkapan, polisi menemukan narkoba jenis sabu seberat 0,36 gram.
 
Kemudian, tersangka Enang ditangkap di Lembaga Permasyarakatan (lapas) Klas IIA, Paledeng, Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 Juli 2019. Sementara Ipung diamankan di lokasi yang sama pada Rabu, 24 Juli 2019.
 
Untuk diketahui, Nunung membeli sabu ke Hadi sebanyak dua gram. Kemudian, Hadi meminta dicarikan sabu ke Enang. Narapidana itu mendapatkan sabu dari teman napi satu lapasnya, Ipung. Sementara Ipung mendapatkan sabu dari tersangka ZUL yang kini masuk daftar pencarian orang (DPO).
 
Enang meminta K untuk meletakkan sabu pesanan Nunung di tiang listrik dekat fly over Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Sabu itu diambil oleh Hadi pada Kamis, 18 Juli 2019 malam untuk diberikan ke Nunung pada Jumat, 19 Juli 2019 siang.
 
Para tersangka ini disangkakan melanggar Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman di atas lima tahun penjara.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif