Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)

Ketua DPR: Ruangan Kosong Bukan Berarti Tidak Bekerja

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 10 Juli 2019 19:32
Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta masyarakat tidak berprasangka buruk terhadap lembaga legislatif terkait banyaknya anggota dewan yang tidak hadir mengikuti rapat, khususnya Paripurna. Sebab, banyak waktu kegiatan anggota yang berbenturan dengan jadwal sidang atau rapat.
 
"Kalau ada ruangan sidang kosong dan kurang orang, itu bukan karena tidak kerja," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu saat menghadiri acara Meet Up Ketua DPR dengan Pegiat Media Sosial dan Netizen di ruangan Abdul Muis, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Politikus Golkar itu menjelaskan, ruang lingkup kerja anggota dewan tidak hanya di Kompleks Parlemen. Mereka juga harus turun ke lapangan untuk memantau kerja pemerintah dan menampung aspirasi dari masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengecek apakah anggaran yang disetujui oleh DPR telah digunakan dengan baik. Apakah kebijakan dan undang-undang (UU) yang kita sepakati bersama sudah dilaksanakan dengan baik, atau ada penyimpangan," katanya.
 
Mantan Ketua Komisi III itu juga menyebutkan anggota dewan sewaktu-waktu harus ke luar negeri. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka studi banding.
 
"Kalau harus melihat langsung, itu memang harus dilakukan ke sana (luar negeri) karena tidak bisa hanya mengakses dari televisi atau dari media lain," kata Bamsoet.
 
Oleh karena itu lah, Bamsoet meminta agar kunjungan ke luar negeri tidak dipandang sebagai sesuatu yang buruk. Semua itu dilakukan untuk mematangkan pembahasan dalam menghasilkan kebijakan berkualitas.
 
"Itulah urgensi anggota DPR ke luar negeri dalam rangka memperkaya wawasan, memperkaya masukan agar keputusan atau kebijakan yang kami ambil tepat," ujar dia.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif