Ilustrasi medcom.id
Ilustrasi medcom.id

Kafe dan Restoran Boleh Buka Hingga Dini Hari, Simak Aturan Terbaru PPKM Jawa-Bali

Nasional restoran PPKM PPKM Jawa-Bali PPKM Diperpanjang PPKM Level 1 PPKM Level 2
Patrick Pinaria • 10 Mei 2022 18:10
Jakarta: Pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) di pulau Jawa-Bali masih berlanjut. Pemerintah menerapkan kebijakan ini pada 10-23 Mei 2022.
 
Kepastian PPKM diperpanjang diumumkan langsung Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal. 
 
“Perpanjangan PPKM kali ini kita laksanakan serentak untuk seluruh wilayah di Indonesia. Secara substansi terdapat beberapa penyesuaian," ujar Safrizal dikutip dari Antara, Selasa, 10 Mei 2022.

Kafe dan restoran diizinkan buka hingga pukul 02.00 WIB

Selama PPKM berlanjut, pemerintah memastikan ada penyesuaian baru untuk tempat makan di wilayah-wilayah level 2 dan level 1. Khususnya untuk kafe dan restoran yang buka pada malam hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 tahun 2022 yang berlaku pada Senin, 9 Mei 2022, kafe dan restoran yang mulai beroperasional pada pukul 18.00 WIB diizikan buka hingga pukul 02.00 WIB.
 
Baca: Luhut: PPKM Jawa-Bali Tetap Berlaku 
 
Perubahan juga diberlakukan untuk kapasitasnya. Kini, kafe dan restoran yang berada di wilayah PPKM level 2 diizinkan menambah kapasitas pengunjung maksimal 75 persen. Sebelumnya, sektor ini hanya diperbolehkan menerima pengunjung dengan kapasitas maksimal 50 persen.
 
Sementara itu, kafe dan restoran yang berada di wilayah PPKM level 1 diizinkan untuk menerima pengunjung dengan kapasitas 100 persen. Namun, pengelola wajib menerapkan protokol kesehatan ketat.
 
"Kapasitas tersebut juga berlaku untuk kegiatan resepsi pernikahan, namun dengan ketentuan tidak mengadakan makan di tempat," ujar Safrizal.

Tidak ada perubahan pada sektor lain

Sementara itu, tidak ada perubahan penyesuaian di sektor lain seperti pusat perbelanjaan atau pun mal. Untuk jumlah kapasitas pengunjung di sektor ini hanya diizinkan maksimal 75 persen dengan jam operasional hingga pukul 22.00 WIB. 
 
Hal ini juga berlaku untuk sektor-sektor seperti tempat makan di warteg atau pedagang kaki lima, restoran dan kafe (buka sebelum pukul 18.00 WIB). 
 
Ketentuan kapasitas 75 persen masih berlaku untuk sektor-sektor lain seperti bioskop, tempat ibadah, taman umum, dan tempat wisata umum. Misalnya, lokasi seni budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan, dan fasilitas tempat kebugaran.
 
Sementara itu, kapasitas untuk transportasi umum tetap diperbolehkan 100 persen.
 
Dalam perpanjangan PPKM Jawa Bali, syarat hasil negatif tes polymerase chain reaction (PCR) dan antigen untuk beberapa kegiatan seperti kompetisi olahraga ditiadakan. Mulai dari pemain, ofisial, kru media, staf pendukung, hingga penonton. Vaksinasi minimal dosis kedua menjadi s.
 
Seluruh pemerintah daerah (pemda) diminta tetap waspada dengan adanya potensi lonjakan kasus covid-19 usai Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Walaupun kasus masih terpantau stabil, namun harus diperhatikan bahwa inkubasi virus covid-19 mencapai 14 hari.
 
"Oleh karenanya, sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kami minta kepada seluruh pemerintah daerah terus waspada dan tetap berkonsentrasi untuk mengantisipasi segala kemungkinan, dengan selalu memperkuat testing, tracing, dan treatment (3T) dalam pola penanganan pandemi," tutur Safrizal.
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif