?Melatih anak berpuasa membuatnya mudah terbiasa melaksanakan kewajiban tersebut di kemudian hari. Pexels
?Melatih anak berpuasa membuatnya mudah terbiasa melaksanakan kewajiban tersebut di kemudian hari. Pexels

Yuk Simak 5 Tips Jitu Ajarkan Anak Berpuasa

Nasional tips kesehatan tips anak berpuasa anak Ramadan 2022 Puasa 2022
Surya Perkasa • 18 April 2022 11:15
Jakarta: Puasa saat Ramadan menjadi rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat Islam yang sudah usia baligh. Namun, anak-anak belum wajib melaksanakan seperti hadis Rasulullah SAW.
 
hadis yang menyatakan 3 kelompok tak wajib berpuasa
Artinya:
"Ada tiga kelompok yang dibebaskan dari hukum, yaitu: (1) Orang yang tidur sehingga ia bangun. (2) Anak-anak sampai ia baligh. (3) Orang gila sampai ia sembuh”. (HR. Abu Daud)
 
Tapi tak ada salahnya orang tua mulai mengajari buah hati berpuasa sejak dini. Melatih anak berpuasa membuatnya mudah terbiasa melaksanakan kewajiban tersebut di kemudian hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Oase.id, ada hal yang perlu diperhatikan saat mengajarkan anak berpuasa karena masih sangat rentan. Selain memperhatikan kesehatan si anak, beberapa tips ini dapat dipakai orang tua saat mengajarkan anak berpuasa.

1. Mengajarkan makna puasa

Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mengajarkan anak yang pengetahuannya masih terbatas soal puasa. Anak harus diajarkan makna, manfaat, serta hikmah dari puasa yang sedang mereka jalani.
 
Beragam kebaikan di balik puasa yang nantinya wajib bagi mereka saat sudah baligh sebaiknya juga mulai ditanamkan. Tentu saja, orang tua haru mencari bahasa yang mudah dipahami si anak.

2. Berpuasa setengah hari

Orang tua dapat mengajarkan anak untuk berpuasa setengah hari. Tujuannya, si anak tidak kaget dalam menjalankan dan tidak merasa tertekan saat belajar puasa.
 
Anak dikhawatirkan tidak mau lagi belajar berpuasa jika langsung diarahkan untuk sehari penuh. Cara ini bisa dipakai untuk membiasakan diri anak berpuasa dengan bertahap.

3. Berikan contoh puasa

Orang tua bisa memberikan contoh untuk melaksanakan puasa. Baik itu puasa wajib atau puasa sunah.
 
Ini dapat membangkitkan rasa ingin tahu si anak untuk bertanya. Saat inilah orang tua dapat memberitahu si anak tentang puasa.
 
Baca: Tips Agar Anak Semangat Sahur

4. Siapkan makanan yang sehat

Tips ampuh lain yang dapat dipakai ialah menyajikan makanan kesukaan ketika berbuka puasa dan sahur. Hal ini dapat membangkitkan semangat si anak untuk melanjutkan puasa pada hari berikutnya.

5. Memberi apresiasi

Dan tidak kalah penting lagi memberi apresiasi atau reward kepada anak yang telah berhasil melaksanakan puasa. Salah satunya, lewat pujian atau memberikan sajian kesukaan anak.
 
Hal yang simpel dapat sangat berarti bagi anak. Semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat bagi orang tua mengajakan anak berpuasa.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif