Pertemuan Wapres Ma'ruf Amin dengan para tokoh lintas agama. (Foto: Istimewa)
Pertemuan Wapres Ma'ruf Amin dengan para tokoh lintas agama. (Foto: Istimewa)

Maruf Amin Ajak Para Pemimpin Agama Jaga Persatuan Bangsa

Nasional kerukunan beragama maruf amin
Sri Yanti Nainggolan • 27 November 2019 05:37
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menggelar pertemuan dengan para tokoh lintas agama di rumah dinas Wapres, Jakarta Pusat, Selasa malam, 26 November 2019. Ia mengajak para pemimpin majelis berperan dalam menjaga keutuhan bangsa.
 
Pertemuan tersebut berlangsung selama satu setengah jam. Hasil diskusi tersebut adalah kesepakatan untuk menjaga kerukunan dan persatuan bangsa.
 
"Oleh karena itu majelis-majelis agama akan mengawal keutuhan ini, akan menjaga supaya tidak terjadi konflik di masyarakat, di semua daerah," tutur Maruf dalam keterangan pers, Selasa, 26 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maruf menekankan, semua persoalan bisa berpotensi konflik, tak hanya soal agama. Oleh karena itu, ia berharap para pimpinan majelis agama ikut berusaha meredam masalah-masalah yang dapat memicu keretakan dan perpecahan bangsa. Dengan demikian, agama dapat menjadi solusi, berkah, bukan menjadi sumber daripada perpecahan.
 
"Karena itu majelis agama sepakat melakukan berbagai kegiatan apa yang sifatnya dialog, kegiatan olahraga, bahkan juga mungkin kesenian dan berbagai di semua daerah termasuk di Papua," tambah dia.
 
Selanjutnya, para majelis agama akan merumuskan langkah-langkah untuk mengawal keutuhan di daerah, khususnya Papua.
 
Hadir di sana perwakilan MUI KH. Abdullah Jaidi, Nadjamuddin Ramli, PBNU Eman Suryana, PP Muhammadiyah Mughni Syafig, Ketua Umum Konferensi Wali Gereja Agustinus Heri Wibowo, Ketua Umum PGI Gomar Gultom, Ketua Umum Dharma Adhyaksa Perwakilan Umat Buddha Indonesia Hartarti Murdaya, Bhante Khanit-Suhu Dutavira, Ketua Umum Majelis Ulama Konghucu Indonesia Budi S.S. Tanuwibowo dan Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia Wisnu Bawa Tenaya serta Nasaruddin Umar.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif