Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Ombudsman Pastikan Novanto Dirawat Inap di RSPAD

Nasional setya novanto ombudsman
Fachri Audhia Hafiez • 30 Desember 2019 03:06
Jakarta: Ombudsman RI memastikan terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto, masih menjalani perawatan medis atas penyakit yang dideritanya. Novanto dirawat di ruang VIP lantai lima Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.
 
Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala mengaku melihat langsung mantan Ketua DPR itu saat mengunjungi RSPAD. Ia bilang, Novanto tengah menjalani perawatan medis akibat penyakit komplikasi yang dideritanya. Pasalnya Ombudsman mempertanyakan apakah Novanto dirawat inap atau jalan.
 
"Kami bertanya secara umum, apakah yang bersangkutan masih ada? Ternyata ada di RSPAD," kata Adrianus di Tangerang, Banten, Minggu, 29 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Adrianus, hal itu tidak biasa bagi seorang warga binaan pemasyarakatan (WBP). Pasalnya, pemerintah tidak memberikan anggaran untuk perawatan sekelas VIP untuk narapidana.
 
"Pernah kami membuat hitung-hitungan, pernah itu sekitar Rp10 ribu per orang per tahun. Makanya ketika dia (Novanto) dirawat seperti itu menggunakan biaya sendiri," ujar Adrianus.
 
Adrianus berharap adanya kenaikan anggaran terkait pelayanan kesehatan bagi WBP. Ia menambahkan, negara telah merampas kemerdekaan seorang napi, tapi tidak diimbangi dengan fasilitas kesehatan ketika WBP sakit seperti Novanto.
 
"Daripada kemudian lalu keluar ke rumah sakit lain dan harus bayar sendiri, mengapa tidak di rumah sakit pengayoman di mana memang diperuntukkan bagi warga binaan yang sakit," ujar Adrianus.
 

(EKO)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif