Vaksin covid-19 buatan Johnson & Johnson. (AFP)
Vaksin covid-19 buatan Johnson & Johnson. (AFP)

Vaksin Booster Johnson & Johnson Diklaim Paling Efektif Melawan Omicron, Ini Faktanya

Adri Prima • 31 Desember 2021 15:44
Jakarta: Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson (J&J) dosis booster diklaim paling efektif melawan varian Omicron. Hal ini berdasarkan studi awal pemerintah Afrika Selatan. 
 
Hasil studi yang diterbitkan pada Kamis, 30 Desember 2021, tersebut menunjukkan J&J dosis booster ternyata 85 persen efektif mencegah rawat inap dari varian Omicron.
 
Dewan Penelitian Medis Afrika Selatan membandingkan 69.000 petugas kesehatan yang menerima dua dosis vaksin, berdasarkan teknologi vektor virus, dengan sekelompok orang yang tidak divaksinasi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian dilakukan dari 15 November hingga 20 Desember 2021 saat varian Omicron merebak. Saat itu, kasus covid-19 di negara tersebut meningkat dari 82 persen menjadi 98 persen.
 
Ketika suntikan booster diberikan enam hingga sembilan bulan setelah dosis pertama, kemanjuran vaksin terhadap rawat inap meningkat dari waktu ke waktu. Dari 63 persen pada 0-13 hari menjadi 85 persen pada 1-2 bulan setelah pemberian. 
 
"Data ini penting mengingat meningkatnya ketergantungan pada vaksin Ad26.COV.2 di Afrika," tulis hasil studi tersebut dikutip dari Media Indonesia, Jumat, 31 Desember 2021.
 
Selain itu, ilmuwan J&J, Mathai Mammen juga pernah mengeluarkan pernyataan kalau J&J ampuh untuk varian Delta dan Omicron. "Vaksin tetap kuat dan stabil dari waktu ke waktu, termasuk terhadap varian yang beredar seperti Omicron dan Delta," ujarnya.
 
Sekitar setengah juta tenaga kesehatan Afrika Selatan telah menerima suntikan J&J sebagai bagian dari uji klinis. Afrika Selatan menjadi negara yang paling terpukul oleh Omicron. Tercatat lebih dari 3,4 juta kasus dan 90.000 kematian sejak awal pandemi.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif