Demo petani kelapa sawit. Foto: Dok/Metro TV
Demo petani kelapa sawit. Foto: Dok/Metro TV

Petani Kelapa Sawit Tuntut Pemerintah Cabut Larangan Ekspor CPO

MetroTV • 17 Mei 2022 15:52
Jakarta: Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) melakukan demo di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Aksi demo ini dilakukan untuk menuntut pemerintah mencabut larangan ekspor. Aksi diikuti oleh petani kelapa sawit yang berasal dari 22 provinsi di Indonesia.
 
"Ketua umum DPP Apkasindo Gulat Manurung menyatakan, pabrik kelapa sawit dalam negeri secara bersamaan menyetop pembelian tandan buah segar (TBS) sawit dari para petani. Harga TBS pun anjlok 40 hingga 70 persen sejak larangan ekspor diterapkan," demikian yang disiarkan presenter Metro TV, Eva Wondo dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Menurut Gulat, total kerugian sudah mencapai lebih dari Rp 13 triliun hingga akhir April lalu. Apkasindo menilai kebijakan larangan ekspor berpotensi menghilangkan potensi pendapatan negara melalui pihak luar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Larangan ekspor CPO dan produk turunannya berdampak besar bagi para petani sawit. Para petani saat ini berada di ambang kebangkrutan dan terancam adanya PHK massal. Mereka berharap kebijakan larangan segera dihapuskan agar harga sawit tidak anjlok dan kembali normal," tutur Eva. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
 
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif