Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Immanuel Antonius
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Immanuel Antonius

Ini Alasan Pemerintah Melonggarkan Kebijakan Memakai Masker

Theofilus Ifan Sucipto • 17 Mei 2022 19:40
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah sudah melonggarkan kebijakan memakai masker. Keputusan itu berdasarkan data ilmiah dan data langsung di lapangan.
 
"Secara ilmiah dibuktikan survei dan realitasnya dibuktikan kasus menurun. Dengan begitu kita mulai langkah transisi awal," kata Budi dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Budi mengatakan hasil survei pada Desember 2021 menyatakan 93 persen masyarakat di Jawa dan Bali memiliki antibodi covid-19. Angka itu meningkat pada survei yang dilakukan Maret 2022 atau sebelum periode mudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lihat antibodi dari orang (responden) yang sama meningkat dari 93 persen menjadi 99,2 persen," ujar dia.
 
Budi menyebut peningkatan antibodi terjadi berkat percepatan vaksinasi covid-19. Selain itu, masyarakat yang sudah terinfeksi dan sembuh dari covid-19 memiliki imunitas tambahan.
 
Data lainnya, kata Budi, terlihat dari titer antibodi masyarakat yang meningkat. Titer antibodi masyarakat pada Desember 2021 berada pada order ratusan sekitar 500 hingga 600.
 
"Tapi begitu diukur pada Maret 2022, titer antibodi naik ke order ribuan sekitar tujuh ribu sampai delapan ribu," ucap dia.
 
Baca: Presiden Melonggarkan Kebijakan Pemakaian Masker
 
Peningkatan titer juga terjadi berkat kombinasi vaksinasi dan imunitas alami dari penyintas covid-19. Kombo tersebut membentuk imunitas super.
 
"Hasil riset di seluruh dunia menunjukkan kombinasi ini disebut super immunity jadi kekebalannya lebih tinggi dan bertahan lama," kata Budi.
 
Budi menuturkan kekebalan masyarakat yang semakin tinggi memengaruhi penambahan kasus. Kasus covid-19 di Indonesia masih terkendali usai idulfitri.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif