Umrah di tengah ancaman covid-19 varian Omicron. Foto: Dok/Metro TV
Umrah di tengah ancaman covid-19 varian Omicron. Foto: Dok/Metro TV

Metro Hari Ini

Umrah Terancam Omicron, Ini Skenario Kemenag

Nasional Ibadah Umrah pandemi covid-19 Metro Hari Ini Varian Omicron
MetroTV • 08 Januari 2022 00:10
Jakarta: Setelah dibekukan selama satu tahun lebih, 400 jemaah umrah Indonesia akan diberangkatan ke Tanah Suci Mekkah pada Sabtu, 8 Januari 2022 besok. Namun muncul kekhawatiran di tengah naiknya kembali kasus covid-19 global menyusul ditemukannya varian baru Omicrcon.
 
Sebanyak 400 jemaah umrah yang akan diberangkatkan dibagi dalam empat penerbagan dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Mulai hari ini beberapa jemaah umrah mulai melakukan screening kesehatan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.
 
Namun, kekhawatiran munculnya kasus varian Omicrcon terus membayangi. Pemerintah Arab Saudi kembali memperketat aturan umrah selama 10 hari mulai 5 Januari lalu. Sedangkan pada 1 Januari pemerintah Arab kembali menerapkan aturan jaga jarak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief mengatakan, pihak penyelenggara telah mempersiapkan skenario. Salah satunya adalah dengan menerapkan One Gate Policy (kebijakan satu pintu).
 
"Perlu kami sampaikan, bahwa kami telah menyiapkan beberapa skenario termasuk One Gate Policy sejak bulan Oktober 2021. Namun karena banyak pertimbangan terpaksa menahan keberangkatan hingga bulan Januari 2022. Dengan menerapkan One Gate Policy bisa menerapkan protokol kesehatan serta telah berkomunikasi intensif dengan Kementerian Luar Negeri, Kementrian Transportasi," ujar Hilman pada tayangan Metro Hari Ini, Jumat, 7 Januari 2022.
 
Pria kelahiran 12 September juga menambahkan bahwa jemaah haji yang diberangkatkan merupakan jemaah haji yang tertunda dari tahun 2020 dan 2021. Namun akan coba diberangkatkan dengan protokol yang standar melalui One Gate Policy.
 
Arab Saudi sendiri sudah memperbolehkan jemaah Indonesia pada bulan Oktober lalu dan siap berangkat pada Desember kemarin. Namun muncul kasus covid-19 varian Omicrcon di Indonesia sehingga membuat ibadah umrah ditunda kembali. (Farel Alenka)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif