Ilustrasi: Murid SD melihat kondisi ruang kelas yang plafonnya ambruk di SDN Sawangan 02, Depok, Jawa Barat. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso.
Ilustrasi: Murid SD melihat kondisi ruang kelas yang plafonnya ambruk di SDN Sawangan 02, Depok, Jawa Barat. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso.

78 Ribu Ruang Kelas akan Direhab di 2018

Nasional pendidikan sekolah rusak
Nur Azizah • 19 Agustus 2017 15:38
medcom.id, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaannya berencana akan merehabilitasi 78 ribu ruang kelas di 2018. Ruang kelas yang rusak berat dan rusak total menjadi prioritas.
 
Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Hamid Muhammad menyampaikan, program tersebut akan menggunakan dana APBD 2018 dan dana alokasi khusus (DAK). Penggunaan DAK untuk mengoptimalkan jumlah ruang kelas yang akan diperbaiki.
 
"Kalau hanya pakai APBN saja tidak akan cukup. Maka kita optimalkan pakai DAK," kata Hamid di Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pembiayaan rehab 78 ribu ruang kelas itu akan dibagi dua. Sebanyak 42 ribu ruang kelas menggunakan APBN 2018 dan 36 ribu ruang kelas menggunakan DAK.
 
"Jadi, setiap tahun kita bisa memperbaiki 60 sampai 70 ribu ruang kelas," tutur Hamid.
 
Baca: Bangunan 43 SDN di Cimanggis Depok Memprihatinkan
 
Ia menyampaikan, bila rencana ini berjalan, dalam tiga tahun ke depan jumlah ruang kelas rusak berkurang. Sementara itu, program rehab ruang kelas untuk tahun ini baru akan berjalan akhir Agustus 2017.
 
"Akhir Agustus sudah mulai dikerjakan. Sekolah melakukan rehab selama tiga bulan. September, Oktober, hingga November. Paling telat Desember itu sudah jadi," pungkas dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif