Motif Pembakar Pos Polisi di Yogyakarta Diusut
Tersangka. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta: Latar belakang pembakar pos polisi di dekat pertigaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, saat aksi May Day diusut. Polisi menggali motif pelaku nekat menjalankan aksi anarkistis.

"Masih dalam penyelidikan background-nya apakah mereka betul mahasiswa UIN atau bukan, atau hanya mengaku-ngaku kemudian mereka masuk," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, di Kantor Garuda, Tangerang, Banten, Rabu, 2 Mei 2018.

Menurut dia, polisi masih mencari tahu asal para pelaku. Pasalnya, pelaku mendadak datang saat para buruh menggelar aksi di lokasi. 


"Pelaku tiba-tiba muncul dan melakukan unjuk rasa di pertigaan di lokasi yang dibakar itu dan tiba-tiba menyerang pos dan membakar," jelas dia. 

Melihat peristiwa itu, lanjut Setyo, warga sekitar pos polisi tidak tinggal diam. Pasalnya, jarak antara pos polisi dengan rumah warga berdekatan.

Baca: Polisi Tetapkan 3 Tersangka Pembakaran Pos Polisi di Yogyakarta

"Ketika terbakar, ada percikan api yang akan membakar rumah masyarakat, masyarakat bereaksi. Akhirnya bentrok dengan masyarakat sampai depan kampus itu ditutup masyarakat. (Pelaku) dicari masyarakat dan ditangkap. Dia sempat dianiaya."

Setyo mengungkapkan polisi bakal mendalami hingga ke inisiator aksi mengenai peristiwa ini. Hingga saat ini, polisi telah menangkap 69 pedemo di lokasi.



(OGI)