Seminar kebangsaan bertema spirit keacehan, keislaman dan keindonesiaan. Foto:Medcom.id/ Fatma Wetty
Seminar kebangsaan bertema spirit keacehan, keislaman dan keindonesiaan. Foto:Medcom.id/ Fatma Wetty

Yayasan Sukma Gelar Seminar 'Membangun Aceh di Masa Depan'

Nasional Yayasan Sukma Bangsa
Medcom • 16 Februari 2020 02:02
Banda Aceh: Yayasan Sukma menggelar seminar kebangsaan bertema spirit keacehan, keislaman dan keindonesiaan. Seminar ini dalam rangakain acara Kenduri Kebangsaan.
 
Yayasan Sukma, Forum Bersama Anggota DPR RI-DPD RI asal Aceh (Forbes), Universitas Syiah Kuala dan sejumlah pihak lainnya menggelar Seminar Nasional bertema "Kearifan Masa Lalu, Kejayaan Masa Depan". Seminar digelar Di Auditorium FKIP Unsyiah Lantai 3, Banda Aceh. Sabtu, 15 Februari 2020.
 
Tema yang diusung dalam Seminar Keacehan ini adalah 'Menggali Nilai-Nilai Budaya dan Tradisi yang Unggul untuk Membangun Aceh di Masa Depan'. Seminar bertujuan menggali informasi keunggulan adat dan budaya serta kearifan lokal masyarakat Aceh yang menjadikan Aceh unggul di masa lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam seminar tersebut ahli sejarah Mawardi Umar mengatakan kejayaan Aceh di masa lalu menjadi inspirasi membangun Aceh di masa depan. "Letak Aceh yang strategis dalam kaitan internasional. Tapi sejarah nasional Aceh sangat kecil", ujarnya.
 
Masa kejayaan Aceh disebabkan beberapa faktor. Di antaranya peradaban dan kearifan lokal masyarakat Aceh. Masa kejayaan Aceh perlu digali kembali demi membangun Aceh di masa depan.
 
Selain itu, Aceh pun dianugerahi kekayaan alam melimpah dan alokasi dana khusus dari pemerintah pusat. Namun, miris Aceh justru masih berkutat dengan kemiskinan.
 
Sementara itu, Ketua Atsiri Research Center (ARC) Unsyiah, Saifullah Muhammad menyebutkan mengingatkan kembali pentingnya tradisi lokal. Tradisi ini masih relevan dengan kehidupan masyarakat Aceh masa kini.
 
"Salah satunya adalah cerita tentang pengetahuan lokal masyarakat kepulauan Simeulue, yang disebut Smong. Pulau Simeulue yang terletak di pantai Barat Provinsi Aceh ini menyimpan pengetahuan lokal yang berkaitan dengan tsunami," kata Alfi Rahman.
 
Ide-ide yang tertuang dalam seminar ini akan dijadikan rekomendasi yang akan diserahkan kepada Pemerintah pada saat hari puncak acara Kenduri Kebangsaan di Bireun tanggal 22 Februari 2020. Yang bertajuk "Dari Aceh untuk Indonesia".
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif