Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Tingkat Kesembuhan Covid-19 Indonesia Mencapai 45,42 Persen

Theofilus Ifan Sucipto • 05 Juli 2020 17:52
Jakarta: Persentase kesembuhan dari virus korona (covid-19) mencapai lebih dari 45 persen. Masyarakat tetap diajak berjuang melawan virus korona.
 
“Angka sembuh secara rata-rata nasional, kita berada pada 45,42 persen,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto, di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu, 5 Juli 2020.
 
Yuri mengatakan angka tersebut masih lebih rendah dari rata-rata kesembuhan global sebesar 56,71 persen. Namun, terdapat 11 provinsi yang memiliki rata-rata kesembuhan di atas 75 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Artinya memang sudah banyak yang menjadi sembuh,” ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan itu.
 
Baca: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kalbar 88,4%
 
Sementara itu, tingkat kematian akibat covid-19 sebesar lima persen. Angka itu masih lebih tinggi dari rata-rata kematian global yakni 4,72 persen.
 
Yuri mengimbau masyarakat tidak panik. Sebab, kapasitas ruang isolasi di pusat kesehatan seluruh Indonesia masih memadai.
 
“Tempat isolasi baru terisi 53,39 persen, artinya masih ada sekitar separuh yang belum terisi. Ini lebih dari cukup,” tutur dia.
 
Yuri mencontohkan ketersediaan fasilitas dari penyumbang kasus terbanyak yaitu Jawa Timur. Dari 5.837 tempat tidur yang tersedia di Jawa Timur, baru terpakai 4.214 tempat tidur.
 
“Kita tidak ada ruang untuk merasa pesimis. Namun mutlak masih diperlukan upaya keras dari semua pihak untuk memutus mata rantai penularan,” tegas Yuri.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif