Ilustrasi roasting kopi. Foto: MI/Haryo Prasetyo
Ilustrasi roasting kopi. Foto: MI/Haryo Prasetyo

Mentan Ingin Kopi Indonesia Semakin Mendunia

Nasional kopi festival kopi
Intan Yunelia • 27 Januari 2020 21:17
Jakarta: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ingin menggencarkan festival kopi asal Indonesia di luar negeri. Dengan begitu, ragam jenis dan varian kopi Indonesia bisa semakin mendunia.
 
"Saya melihat bagaimana lengkapnya tadi festival kopi, saya mau ajak Ibu Rerie (Wakil ketua MPR Lestari Moerdijat) kerja sama buat festival yang sama di luar negeri one day with Indonesian Coffee di 10 negara besar dan ini bisa kita lakukan, ini luar biasa," kata Syahrul saat menghadiri festival coffee di HUT ke-50 Media Indonesia, Gedung Metro TV, Jakarta Barat, Senin, 27 Januari 2020.
 
Menurut dia, pebisnis kopi dan Kementerian Pertanian seharusnya lebih banyak menggelar festival. Apalagi, masyarakat Indonesia gemar menyeruput kopi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya dua kali sehari minum kopi, saya mengagumi acara tadi. Festival kopi ini mestinya juga dilakukan profesional bisnis yang ada atau Kementan," ujar Syahrul.
 
Dia menilai pemerintah akan menerima banyak keuntungan secara ekonomi bila kopi Indonesia semakin mendunia. Terlebih, masyarakat di luar negeri juga banyak yang menyukai kopi.
 
"Iya, Indonesia potensi kopinya luar biasa. Kita dalam satu tahun ekspor kopi kita mencapai Rp16 triliun, setara dengan 300 ribu ton," jelasnya.
 
Dia mengapresiasi festival kopi yang diselenggarakan Media Indonesia. Menurut dia, festival ini bisa menjadi ajang saling tukar informasi antara peracik dan penikmat kopi.
 
"Saya harap kerja sama dengan MI untuk promosi kopi Indonesia. Kopi Indonesia adalah kopi dunia, tasty-nya tasty dunia yang beragam dan tasty tropis itu selalu menarik," pungkasnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif