Peserta pranata humas dan unit utama Kemendikbud mengikuti workshop Journalism and Media Handling, di Ruang Rapat Besar Media Indonesia. (Foto: Medcom.id/Gervin Purba)
Peserta pranata humas dan unit utama Kemendikbud mengikuti workshop Journalism and Media Handling, di Ruang Rapat Besar Media Indonesia. (Foto: Medcom.id/Gervin Purba)

Staf Humas Kemendikbud Ikuti Workshop Jurnalisme di Media Group

Nasional Berita Kemendikbud
Gervin Nathaniel Purba • 22 Maret 2019 09:19
Jakarta: Sebanyak 30 peserta pranata humas dan unit utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) mengikuti workshop Journalism and Media Handling, di Ruang Rapat Besar Media Indonesia, Jalan Pilar Mas, Kedoya, Jakarta Barat. Workshop berlangsung pada 19 hingga 21 Maret 2019.
 
"Kurang lebih 30 peserta yang terdiri atas pranata humas dan unit utama. Delapan unit utama merupakan humas yang berasal dari masing-masing direktorat jenderal," ujar Kasubag Tata Usaha Kemendikbud Anang Ristanto, kepada Medcom.id, Kamis, 21 Maret 2019.
 
Staf Humas Kemendikbud Ikuti Workshop Jurnalisme di Media Group
(Suasana workshop. Foto: Medcom.id/Gervin Purba)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sepanjang workshop, peserta diberikan wawasan seputar penulisan jurnalistik, mengambil video gambar, mengelola media sosial, menjalin hubungan dengan media, bagaimana menghadapi wartawan, latihan jumpa pers, dan teknik editing. Narasumber yang dihadirkan oleh Media Group sangat berkompeten. Salah satunya, Pemimpin Redaksi Medcom.id Abdul Kohar.
 
Anang mengatakan workshop ini memberikan wawasan kepada tenaga humas di Kemendikbud dalam menyampaikan capaian kinerja porgram kementerian. Hal ini meningkatkan kemampuan keterampilan para humas menjadi lebih baik.
 
"Kami perlu memperbarui (kemampuan) diri sendiri agar menjadi humas modern," ujar Anang.
 
Staf Humas Kemendikbud Ikuti Workshop Jurnalisme di Media Group
(Kasubag Tata Usaha Kemendikbud Anang Ristanto. Foto: Medcom.id/Gervin Purba)
 
Workshop ini sekaligus menyiapkan para humas untuk menjawab tantangan komunikasi. "Seperti arahan Presiden Joko Widodo, humas tidak hanya berkomunikasi dua arah saja, tapi dari berbagai arah. Kemendikbud mencoba terobosan baru dengan mengikuti perkembangan melalui media sosial. Media sosial menjadi sarana kami berkomunikasi dengan masyarakat dan pemangku kepentingan," ujarnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Kasubag Layanan Informasi Kemendikbud Anandes Langguana mengungkapkan sangat antusiasi mengikuti workshop ini karena mendapatkan banyak ilmu baru. Dia juga memuji kualitas pemateri dalam mendidik peserta humas.
 
"Semua disampaikan dengan baik dan pemateri menguasainya," kata Anandes.
 
Staf Humas Kemendikbud Ikuti Workshop Jurnalisme di Media Group
(Kasubag Layanan Informasi Kemendikbud Anandes Langguana. Foto: Medcom.id/Gervin Purba)
 
Dia menceritakan pengalamannya saat latihan liputan di sekolah di kawasan Kedoya, pada hari kedua workshop. Dari pengalaman ini, Anandes merasa cukup puas dengan teknik pengambilan gambar yang diajarkan oleh pemateri.
 
"Kami sangat terkesan mendapatkan ilmu baru. Kami diajarkan bagaimana cara proses mengambil gambar, menyusun konsep, teknik mengambil gambar, kemudian mengemasnya untuk dijadikan satu tayangan utuh," kata Anandes.
 
Humas Kemendikbud selalu mengadakan workshop semacam ini setiap tahun untuk memperbarui pemahaman para humas dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyebarkan informasi seputar capaian program kementerian.
 
"Kami dituntut untuk bisa semuanya. Kami harus bisa menulis, fotografi, editing video, dan lainnya. Kami bisa multitalenta," ucap Anang.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif