Menpan RB Asman Abnur/MI/Panca Syurkani
Menpan RB Asman Abnur/MI/Panca Syurkani

Menpan RB: Pelayanan Publik Harus 24 Jam

Damar Iradat • 06 September 2016 15:29
medcom.id, Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengakui pelayanan publik di Indonesia belum optimal. Ia meminta pelayanan publik kepada masyarakat bisa dilaksanakan 24 jam.
 
"Pelayanan publik tidak boleh hanya saat jam kerja. Kehadiran pelayanan publik harus 24 jam," tegas Asman dalam sambutannya pada pembukaan E-Government Summit 2016 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (6/9/2016).
 
Politikus PAN itu juga mencontohkan bagaimana pelayanan publik di Jepang yang optimal. Ia menceritakan bagaimana pengalamannya melihat langsung pelayanan publik di Jepang dengan menyodorkan keramahan kepada masyarakatnya.

Apa yang dilakukan Jepang, lanjut Asman, patut dicontoh. Sebab, selama ini, pelayanan publik di Indonesia belum membuat masyarakat puas.
 
"Memang tidak bisa terhindarkan lagi, bahwa memang kehadiran pemerintah itu tidak boleh pada saat jam kerja," tutur dia.
 
Untuk mewujudkan pelayanan publik seperti itu, Asman berharap sistem pemerintahan berbasis elektronik bisa diterapkan sesegera mungkin. Hal ini menjadi elemen pendorong terciptanya pelayanan publik prima.
 
"Pelayanan publik yang bagus bisa terlaksana di Indonesia, dan saya yakin betul kalau ini sudah kita laksanakan, Indonesia akan cepat lebih maju," ucap dia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(OJE)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan