Pengunjung WEFEST 2018. Foto: Medcom.id/Gervin N. Purba
Pengunjung WEFEST 2018. Foto: Medcom.id/Gervin N. Purba

2 Negara Paling Diminati Siswa Indonesia untuk Kuliah

Nasional pameran pendidikan
Gervin Nathaniel Purba • 03 Februari 2018 17:10
Jakarta: Singapura dan Malaysia masih menjadi tempat favorit pelajar Indonesia untuk kuliah S1. Hal itu terlihat dalam acara World Education Festival (WEFEST) 2018.
 
Operational Director WEFEST 2018 Anastasya Sri mengatakan banyak pelajar Indonesia yang mendaftar di Singapore Institute of Managament. Selama dua hari WEFEST 2018 berlangusung, booth Singapore Institute of Management selalu penuh.
 
"Singapore Institute of Managament salah satu yang lumayan terkenal. Wajar boothnya tidak pernah sepi. Malaysia juga cukup ramai, apalagi ada informasi beasiswa," kata Anastasya kepada Medcom.di di Pullman Hotel Central Park, Jakarta Barat, Sabtu, 3 Februari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Antusiasme pelajar untuk mengikuti pameran pendidikan ini sangat besar. Hari pertama WEFEST 2018 pada Jumat, 2 Februari, tercatat ada 1.600 pegunjung. Ia optimistis, hari ini pengunjung sesuai target 2 ribu orang.
 
WEFEST 2018 dilaksanakan pada 2 Februari dan 3 Februari. Kegiatan hari ini lebih banyak seminar untuk membantu membimbing para pelajar menentukan tempat kuliah yang dituju.
 
"Tidak cuma murid, orang tua siswa mau ikut workshop juga bisa dan sangat membantu," jelas Anastasya.
 
WEFEST 2018 diikuti institusi dari 20 negara. Institusi pendidikan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini mencapai 50 exhibitor representative.
 
"Untuk penyelenggaraan WEFEST bulan ini, mayoritas peserta dari luar negeri, sekitar 80 persen. Dari dalam negeri hanya sekitar 20 persen," katanya.
 
Ia menjelaskan porsi untuk institusi luar negeri lebih besar khususnya Eropa karena saat ini memang merupakan momen mereka untuk melakukan perekrutan. Biasanya institusi dalam negeri lebih banyak berpartisipasi pada pertengahan dan akhir tahun.
 
"Makanya kita adakan tiga kali dalam setahun biar semuanya bisa ikut. Setelah ini Mei, untuk S2 dan S3 selama dua hari juga dan September untuk semua program di JCC dan 4 kota lainnya. Di JCC acara terbesar," pungkasnya.
 

(TRK)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif